Skip to main content

RPP KIMIA TENTANG SEL VOLTA

 RPP SEL VOLTA

 

LOGO

SMA ………………….

 

Mata Pelajaran Kelas/ Semeste / T.P KD / Materi Pokok

Alokasi Waktu

: Kimia

: XII / Ganjil/ 2020-2021

: 3.4/ Sel Volta (PLBS)

:1 x 60 Menit/ 1 x Pertemuan

SEKOLAH

 

 

RPP PJJ KIMIA

 

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Melalui model pembelajaran STEM dengan tema Pembangkit Listrik Berbahan Sehari-hari PLBS sebagai penerapan konsep sel volta diharapkan peserta didik dapat merancang, merangkai, mengujicobakan, menganalisis serta mengevaluasi set alat pembangkit listrik sederhana menggunakan bahan sehari-hari melalui tugas proyek

dengan sikap kreatif, disiplin, komunikatif, kerjasama dan penuh tanggungjawab .

PERTEMUAN 1 (1 x 60 menit)

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

MODEL DISCOVERY LEARNING

Pendahuluan

§ Melakukan pembukaan dengan salam dan doa (Budaya Sekolah Religius)

§ Menerima informasi materi yang akan dibahas (melalui Microsoft Teams/Google Meet/Zoom/Webex/Group WA dll)

§ Manfaatmempelajaripelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari

§ Menjelaskan tujuanpembelajaran dan cakupan materi yang akan di ajarkan

(10 Menit)

§ Persiapan

§ Appersepsi

§ Motivasi

Kegiatan Inti (40 Menit) Sintak Sintak Pembelajaran

REFLECTION

-             Guru memberikan motivasi agar peserta didik memiliki kemauan untuk menyelidiki penerapan      konsep sel volta dalam kehidupan sehari-hari.

-         Peserta    didik    mempelajari    proses   sel   volta          dengan mengamati contoh yang ada dengan memberdayakan bahan- bahan yang tersedia (Sel Volta dari Baha Alam : http://gg.gg/k39wn dan https://www.youtube.com/watch?v=lnQXfTk-O4U)

-               Peserta didik diharapkan bertanya, contoh pertanyaan

-               ” Mengapa  bahan-bahan  (  buah-buahan)  dengan bantuan elektroda dan kabel dapat menghasilkan listrik? “,

-               Berapa besar listrik yang dihasilkan dari tiap buah-buahan tersebut?

-               Jenis buah-buahan atau sayuran apa saja yang dapat dijadikan sebagai sumber listrik?

-               Selain buah-buahan atau sayuran, bahan lain apa yang dapat menjadi sumber listrik? Bagaimana kita mengetahuinya?

-               Bagaimana merangkai bahan-bahan sumber listrik yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari tersebut menjadi suatu rangkaian alat pembangkit listrik?

 

RESEARCH

Diskusi lewat chat pada Microsoft office 365

LKPD : http://gg.gg/k3a32

-      permasalahan perancangan prosedur dan set alat PLBS

-       merumuskan masalah/penelitian “bagaimana merancang set alat dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar yang dapat menghasilkan listrik”

Perumusan masalah:

-       logam apa saja yang dapat bertindak sebagai katoda atau anoda?

-       bahan-bahan apa saja yang dapat dijadikan sebagai sumber listrik?

-       alat apa saja yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan hasil reaksi sel volta.

-       bagaimana cara mengukur kuat arus dan tegangan yang dihasilkan dari bahan-bahan yang alami?

-       bagaimana cara merancang set alat pembangkit listrik dari bahan sehari-hari (PLBS) yang efektif dan efisien?

Materi : http://gg.gg/k359j (dari Unggul Sudarmono penerbit Erlangga)

 

DISCOVERY

Peserta  didik  diminta  untuk  mencari  informasi   dan mengemukakan  beberapa  solusi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan perancangan set alat pembangkit listrik dari bahan sehari-hari (PLBS) sesuai draf rancangan.

 

-       Apakah ada hubungan antara sumber listrik yang dihasilkan  dengan jumlah buah-  buahan yang digunakan?

 

-          Jenis buah apa yang menghasilkan sumber listrik yang paling besar?

-            Bagaimana ramcangan alatnya agar menghasilkan listrik yang besar ?


 

 

APPLICATION

Peserta didik melakukan percobaan PHBS berdasarkan rancangan yang telah dibuat

COMUNICATION

Hasil percobaan didokumentasikan dalam bentuk video

Kirim LKPD dan video pembuatan sel volta ke alamat : https://forms.gle/RfXcGnfdKXTLawJs9

Penutup (10 Menit)

- Pada tahap ini peserta didik menganalisis hasil kerja dan mengevaluasi hasil belajar tentang

materi yang telah

dipelajari melalui diskusi kelas.

-       Guru    mereviu    hasil  pembelajaran   dan           meminta   beberapa  siswa      untuk                                                                                        menyimpulkan penerapan konsep sel volta dalam suatu alat PLBS.

-     Guru memberikan penguatan dan motivasi kepada peserta didik.

Peniliaian

§ Sikap

§ Pengetahuan

§ Ketrampilan

: Jurnal Pengamatan Sikap, Penilain diri

: Tes Tulis

: Penilaian Proyek stem

Membuat rancangan sel volta menggunakan bahan-bahan alami yang ada di lingkungan.

LKPD : http://gg.gg/k3a32

Kirim LKPD dan video pembuatan sel volta ke alamat : https://forms.gle/RfXcGnfdKXTLawJs9

 

Mengetahui,                                                                                                          ……………., Juli 2020

Kepala SMA ............................                                                                           Guru Mata Pelajaran Kimia

 

 

 

 

________________________________                                                                            __________________________

NIP.                                                                                                             NIP.

Comments

Popular posts from this blog

Mudifah atau kunjungannya anak pondok

Hari kunjungan atau yang mereka sebutkan mudifah merupakan hari yang menyenangkan bagi anak pondok pesantren, karena hari itu berbeda dari hari-hari sebelumnya. Yups, hari yang begitu special seperti lebarannya anak pondok.pada hari kunjungan mereka bisa bertemu dengan sanak family dan semua keluarga besarnya, bayangkan mulai pagi hari mereka udah mulai antri hp dipengasuhan dengan batas waktu yang ditentukan mereka lengkap memesan semua pesanan sama keluarganya, yang paling utama adalah makanan, mulai dari nasi sampai dengan makanan penutup. Yang penulis herankan, terkadang dari segoni pesanannya cuma satu  yang dimakan,padahal semua makanan yang pesan sama aja dengan makanan sehari-hari di pondok juga, ah mungkin itu bawaan dari orangtua jadi berasal paling maknyuus gitu. Mudifah kata yang tak asing bagi penghuni pondok, yang kata mereka pondok adalah penjara suci,,,banyak istilah bagi mereka anak pondok, ada yang namanya penjara suci ?? tidak  lain adalah pesantren. Jadi...

JUJUR MENUJU KEMENANGAN

Puji dan syukur marilah sama-sama kita ucapkan kehadiran Allah SWT yang senantiasa mencurahkan rahmat dan NikmatNya kepda kita semua. Allah yang telah menghiasi manusia dengan kejujuran menghiasi malam dengan bulan purnama. Shalawat dan salam marilah sama-sama kita sanjungkan kepada seorang pemuda arab,imam diwaktu sholat ,pemimpin diwaktu perang, buah hati siti aminah dan jantung hati siti khadijah. Tidak lain dan tidak bukan yakni nabi besar Muhammad SAW. Yang telah menuntut umat manusia dari alam yang salam kea lam yang benar, dari alam yang penuh kebohongan ke alam yang penuh kejujuran. Bapak dewan hakim, bapak dan ibu pendamping, teman –teman peserta lomba, dan hadirin yang saya hormati. Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato dengan judul: “JUJUR MENUJU KEMENANGAN ” Tema kejujuran tengah menjadi buah bibir banyak orang. Dikoran, televise, warung kopi, ruang belajar bahkan dipasar. Kejujuran hadir dengan gaung yang membahana. Kita seakan baru mengenal k...

makalah SO3 ( sulfur trioksida)

BAB I PENDAHULUAN A.   latar belakang Sulfur trioksida murni merupakan padatan putih dengan titik leleh dan titik didih yang rendah. Sulfur trioksida bereaksi cepat dengan uap air di udara membentuk asam sulfat. Ini berarti bahwa jika kita membuatnya di laboratorium, maka akan tampak sebagai padatan dengan asap di udara (membentuk kabut asam sulfat).Terdapat bentuk polimer lainnya di mana molekul SO3 bergabung membentuk rantai panjang. Sulfur trioksida pada suhu kamar dan tekanan atmosfer adalah cairan tak bewarna yang berasap di udara. Melacak jumlah air asam sulfat dapat mengkatalis pembentukan polimer. Sulfur trioksida bereaksi hebat dengan air menghasilkan kabut dari embun asam sulfat pekat. Sulfur trioksida sendiri akan bereaksi secara langsung dengan basa membentuk sulfat. Sebagai contoh, reaksi dengan kalsium oksida membentuk kalsium sulfat. Ini seperti reaksi dengan sulfur dioksida yang telah dijelaskan di atas. Sulfur trioksida dalam keadaan gas, t...