RPP SEL VOLTA
|
|
LOGO |
SMA …………………. |
|
Mata
Pelajaran Kelas/ Semeste / T.P KD / Materi Pokok Alokasi Waktu |
: Kimia : XII / Ganjil/ 2020-2021 : 3.4/ Sel Volta
(PLBS) :1 x 60 Menit/ 1 x
Pertemuan |
|
|
SEKOLAH |
|
|||||
|
|
RPP PJJ KIMIA |
|||||
|
|
||||||
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN : Melalui model pembelajaran STEM dengan tema
Pembangkit Listrik Berbahan Sehari-hari PLBS sebagai penerapan konsep sel
volta diharapkan peserta didik dapat merancang, merangkai, mengujicobakan,
menganalisis serta mengevaluasi set alat pembangkit listrik sederhana
menggunakan bahan sehari-hari melalui tugas proyek dengan sikap
kreatif, disiplin, komunikatif, kerjasama dan penuh tanggungjawab . |
||||||
|
PERTEMUAN
1 (1 x 60 menit) |
||||||
|
LANGKAH LANGKAH
PEMBELAJARAN |
MODEL DISCOVERY
LEARNING |
|||||
|
Pendahuluan |
§ Melakukan
pembukaan dengan salam dan doa (Budaya Sekolah Religius) § Menerima informasi
materi yang akan dibahas (melalui Microsoft Teams/Google
Meet/Zoom/Webex/Group WA dll) § Manfaatmempelajaripelajaran
yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari § Menjelaskan
tujuanpembelajaran dan cakupan materi yang akan di ajarkan |
|||||
|
(10 Menit) |
||||||
|
§ Persiapan |
||||||
|
§ Appersepsi |
||||||
|
§ Motivasi |
||||||
|
Kegiatan
Inti (40 Menit) Sintak Sintak Pembelajaran |
REFLECTION -
Guru memberikan motivasi agar
peserta didik memiliki kemauan untuk menyelidiki penerapan konsep sel
volta dalam kehidupan sehari-hari. - Peserta didik
mempelajari proses sel
volta dengan
mengamati contoh yang ada dengan
memberdayakan bahan- bahan yang tersedia (Sel Volta dari Baha Alam : http://gg.gg/k39wn dan https://www.youtube.com/watch?v=lnQXfTk-O4U) -
Peserta didik diharapkan bertanya, contoh pertanyaan -
” Mengapa bahan-bahan
( buah-buahan) dengan bantuan elektroda dan kabel
dapat menghasilkan listrik? “, -
Berapa besar listrik yang dihasilkan dari tiap
buah-buahan tersebut? -
Jenis buah-buahan atau sayuran apa saja yang dapat
dijadikan sebagai sumber listrik? -
Selain buah-buahan atau sayuran,
bahan lain apa yang dapat menjadi
sumber listrik? Bagaimana kita mengetahuinya? -
Bagaimana merangkai bahan-bahan sumber
listrik yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari tersebut menjadi suatu
rangkaian alat pembangkit listrik? |
|||||
|
|
RESEARCH Diskusi lewat chat pada
Microsoft office 365 LKPD : http://gg.gg/k3a32 - permasalahan
perancangan prosedur dan set alat PLBS - merumuskan masalah/penelitian “bagaimana merancang set alat
dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar yang
dapat menghasilkan listrik” Perumusan masalah: - logam apa saja
yang dapat bertindak sebagai katoda atau anoda? - bahan-bahan apa
saja yang dapat dijadikan sebagai sumber
listrik? - alat apa saja yang
dibutuhkan untuk mengaplikasikan hasil reaksi sel volta. - bagaimana
cara mengukur kuat arus dan tegangan yang dihasilkan dari bahan-bahan yang
alami? - bagaimana
cara merancang set alat pembangkit listrik dari bahan sehari-hari (PLBS) yang efektif dan efisien? Materi : http://gg.gg/k359j (dari Unggul
Sudarmono penerbit Erlangga) |
|||||
|
|
DISCOVERY Peserta didik
diminta untuk mencari
informasi dan
mengemukakan beberapa solusi untuk memecahkan masalah berkaitan
dengan perancangan set alat pembangkit listrik dari bahan sehari-hari (PLBS)
sesuai draf rancangan. |
|||||
|
|
- Apakah
ada hubungan antara sumber listrik yang dihasilkan dengan jumlah buah- buahan yang digunakan? |
|||||
|
|
-
Jenis buah apa yang menghasilkan sumber listrik
yang paling besar? -
Bagaimana ramcangan alatnya agar menghasilkan
listrik yang besar ? |
|||||

|
|
APPLICATION Peserta didik melakukan percobaan PHBS
berdasarkan rancangan yang telah dibuat |
|
|
COMUNICATION Hasil percobaan
didokumentasikan dalam bentuk video Kirim LKPD dan video pembuatan sel volta ke alamat
: https://forms.gle/RfXcGnfdKXTLawJs9 |
||
|
Penutup (10 Menit) |
- Pada tahap ini peserta didik menganalisis hasil
kerja dan mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari melalui diskusi kelas. - Guru mereviu
hasil pembelajaran dan meminta beberapa siswa untuk menyimpulkan penerapan konsep sel volta
dalam suatu alat PLBS. -
Guru memberikan penguatan dan motivasi kepada
peserta didik. |
|
|
Peniliaian |
§ Sikap § Pengetahuan § Ketrampilan |
: Jurnal Pengamatan Sikap, Penilain diri : Tes Tulis : Penilaian Proyek stem Membuat
rancangan sel volta menggunakan bahan-bahan alami yang ada di lingkungan. LKPD : http://gg.gg/k3a32 Kirim LKPD dan video
pembuatan sel volta ke alamat : https://forms.gle/RfXcGnfdKXTLawJs9 |
Mengetahui, …………….,
Juli 2020
Kepala SMA ............................ Guru
Mata Pelajaran Kimia
________________________________ __________________________
NIP. NIP.
Comments
Post a Comment