Skip to main content

JUJUR MENUJU KEMENANGAN




Puji dan syukur marilah sama-sama kita ucapkan kehadiran Allah SWT yang senantiasa mencurahkan rahmat dan NikmatNya kepda kita semua. Allah yang telah menghiasi manusia dengan kejujuran menghiasi malam dengan bulan purnama.
Shalawat dan salam marilah sama-sama kita sanjungkan kepada seorang pemuda arab,imam diwaktu sholat ,pemimpin diwaktu perang, buah hati siti aminah dan jantung hati siti khadijah. Tidak lain dan tidak bukan yakni nabi besar Muhammad SAW. Yang telah menuntut umat manusia dari alam yang salam kea lam yang benar, dari alam yang penuh kebohongan ke alam yang penuh kejujuran.
Bapak dewan hakim, bapak dan ibu pendamping, teman –teman peserta lomba, dan hadirin yang saya hormati. Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato dengan judul:
“JUJUR MENUJU KEMENANGAN
Tema kejujuran tengah menjadi buah bibir banyak orang. Dikoran, televise, warung kopi, ruang belajar bahkan dipasar. Kejujuran hadir dengan gaung yang membahana. Kita seakan baru mengenal kata dan sifat jujur.  Entah karena seringnya kedustaan dan kebohongan oleh perilaku ummat manusia saat ini ataukah karena seringnya  kita dibohongi sehingga kita menjadi heboh dengan kejujuran.
Padahal, melakukan dan mengucapkan kebenaran atau kejujuran telah  diajarkan dalam al-quran . sebagaimana firman Allah SWT,  dalam al-quran surat At-Taubah ayat 119 :




Artinya : wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah  kamu  bersama orang-orang yang benar.
Rasulullah SAW bersabda :


Artinya : hendaklah kamu semua bersikap jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan dan kebaikan membawa kepada syurga ( HR. Bukhari )
Imam Absullah Bin Alwi Al-Haddad berkata : langkah awal kejujuran itu adalah menjauhi dusta disemua ucapan. Kejujuran menjadi pintu masuk dalam perbuatan, niat, kenyataan  dan semua lini kehidupan.
Jamaah oh jamaah……
Jujur merupakan tindakan sikap terpuji termasuk salah satu diantara sifat-sifat yang baik bagi manusia.sikap jujur inilah yang menyebabkan rasulullah SAW dijuluki oleh masyarakat quraisy dengan Al-Amin yaitu orang jujur dan terpecaya.
Nabi Muhammad SAW diberikan kepercayaan untuk mengangkat selendang HAjarul Aswad ke tempatnya. RAsulullah SAW melibatkansemua tokoh-tokoh quraisy untuk bersama-sama mengangkat Hajarul Aswad tersebut. Sehingga semua kafilah merasa bertanggung jawab dalam menjaga dalam menjaga dan memelihara keutuhan ka’bah.
Rasulullah SAW dan para sahabatnya telah menampakkan sifat jujur.sebagaimana sabdanya :

Artinya : Aku adalah nabi yang tidak berdusta, anak cucu abdul Muthalib. ( HR.Muslim).
Dalam hadist tersebut rasulullah menjelaskan kepada kita bahwa beliau tidak bohong artinya beliau jujur dan menganjurkan kepada kaum muslimin agar senantiasa bersikap jujur dan tidak berbohong.
Ma’asyiral muslimin wal muslimat rahimakumullah
Imam Al-Ghazali yang dikenal dengan Hujjatul islam, menyebutkan ada lima bentuk kejujuran :
1.      Jujur dalam niat yaitu tiada bagi seseorang dalam segala tindakan dan gerakannya selain karena dorongan Allah SWT.
2.      Jujur dalam perkataan ( lisan ), yaitu berita yang diterima denga berita yang disampaikan. Setiap orang harus bias memelihara perkataanya, ia tidak berkata kecuali kata-kata yang jujur.
3.      Jujur dalam perbuatan/amaliyah, yaitu beramal dengan sungguh-sungguh sehingga menunjukkan sesuatu yang ada dalam bathinnya dan menjadi tabiat bagi dirinys
4.      Jujur dalam keimanan yaitu merupakan usaha agar terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam menyampaikan kebenaran
5.      Jujur dalam menepati janji. Karena janji adalah hutang wajib dibayar.dengan sikap jujur, janji akan tertunai dan amanah akan dijalankan.
Teman- teman seperjuangan yang saya banggakan
Mau jadi orang dipercaya…? Mau jadi orang suksess…? Kalau mau maka bersikap jujur dalam setiap perilaku kehidupan. Karena dengan kejujuran tersebut orang akan percaya kepada kita, dengan demikian apapun program, pekerjaan, ucapan dan perilaku kita akan mudah dipercaya. Sebagaimana peribahasa :
Sekali lancing keujian, seumur hidup orang tak percaya.  betul teman-teman….?
Dari Uraian singkat ini dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Kejujuran akan membawa seseorang kepada kesuksesan di dunia dan akhirat.
2.      Dengan kejujuran seseorang akan dipercaya  baik oleh kawan maupun lawan. Namun sebaliknya bila bersikap bohong, maka seumur hidup orang tak akan percaya.
Melalui ceramah ini saya menghimbau dan mengajak kepada kita semua agar senantiasa  bersikap jujur dimana dan kapan saja. Karena dengan kejujuran akan membawa keberhasilan dan kesuksesan. Demikian lah ceramah saya pada hari ini, mudah0mudahan ada manfaatnya. Saya kahiri dengan pantun :

Jalan kaki berlambat-lambat
Karena kaki tertusuk duri
Jadi terkenal tentulah hebat
Terkenal jujur itu terpuji

    Wabillahitaufiq wal hidayah, Assalamu’alaikum Wr.Wb

Comments

Popular posts from this blog

Mudifah atau kunjungannya anak pondok

Hari kunjungan atau yang mereka sebutkan mudifah merupakan hari yang menyenangkan bagi anak pondok pesantren, karena hari itu berbeda dari hari-hari sebelumnya. Yups, hari yang begitu special seperti lebarannya anak pondok.pada hari kunjungan mereka bisa bertemu dengan sanak family dan semua keluarga besarnya, bayangkan mulai pagi hari mereka udah mulai antri hp dipengasuhan dengan batas waktu yang ditentukan mereka lengkap memesan semua pesanan sama keluarganya, yang paling utama adalah makanan, mulai dari nasi sampai dengan makanan penutup. Yang penulis herankan, terkadang dari segoni pesanannya cuma satu  yang dimakan,padahal semua makanan yang pesan sama aja dengan makanan sehari-hari di pondok juga, ah mungkin itu bawaan dari orangtua jadi berasal paling maknyuus gitu. Mudifah kata yang tak asing bagi penghuni pondok, yang kata mereka pondok adalah penjara suci,,,banyak istilah bagi mereka anak pondok, ada yang namanya penjara suci ?? tidak  lain adalah pesantren. Jadi di hari

KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 ALAFAN

Soal Kimia Kelas X IPA 1.       1. Jelaskan 4 Teori Atom yang kamu ketahui! 2.       2. Hitunglah Proton (P), Elektron (e) dan Neutron (N) dari:       3.       3. Tentukan golongan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron berdasarkan kulit ( K L M N O ) dari: a.        6 C b.       12 Mg c.        18 Ar 4.       4. Tentukan golongan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron berdasarkan sub kulit ( s p d f ) dari: a.        26 Fe b.       18 Ar c.        12 Mg d.       17 Cl 5.       5. Tentukan bilangan kuantum dari: a.        26 Fe b.       18 Ar     Soal Kimia Kelas XI IPA 1.       1. Tuliskan tabvel deret homolog alkana! 2.       2. Tuliskan nama dari semyawa hdrokarbon di bawah ini:   3.       3. Tuliskan nama dari senyawa Alkena dibawah ini!   4.       4. Dik Reaksi: CH 4 + O 2 à CO 2 + H 2 O   ΔH=-2P Berapakah ΔH pembakaran dari 1mol CH 4 5.       5. Bila Diketahui kalor pembentukan stándar: CO 2 = -393,5 k

belajar bahasa aceh part 2

Hari ini penulis akan melanjutkan bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa aceh, yang sebelumnya udah dijelaskan satu persatu kata dalam bahasa aceh tapi kali ini penulis akan mengajarkannya dalam bentuk kalimat ya!!!! Jangan pernah mengatakan susah sebelum mencobanya, seperti kata pepatah berakit-rakit dahulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Begitulah kira-kira ya para inspirasi lovers, susah susah dulu belajar bahasa aceh hingga mahir bicara bahasa aceh seperti penulis, apalagi yang calonnya orang aceh setidaknya bisa bertanya dalam bahasa aceh “ soe nan droen” yang artinya “siapa nama kamu”. Ayoo langsung aja kita belajar bahasa aceh nya…….. Nan loen  ( nama saya) Loen awak aceh ( saya orang aceh) Asaai loen ( asal saya) Umu loen ( umur saya) Soe nan droen ( siapa nama kamu ) Padum umu droen( berapa umur kamu ) Lon galak kuah pliek U ( saya suka sayur plik U “ sayur khas aceh”) Padum yum bungoeng nyoe ( berapa harg