Skip to main content

Wasiet (31)

 

BAGI Ibnu, obat mujarab bagi Aceh saat ini adalah keikhlasan. Perang hanya melahirkan luka dan dendam tak berujung.

Ia tak menyalahkan orang-orang seperti sahabat ayahnya tersebut yang masih terluka. Karena pemerintah di tanah Jawa sendiri masih memainkan politik tarik ulur dengan Aceh.

Dari sejarah yang dipelajarinya, masa damai di Aceh itu hanya bertahan sekitar 20 tahun. Kemudian konflik kembali berulang.

Penyebabnya cuma satu. Pemerintah di tanah Jawa tak benar-benar tulus dalam merealisasi apa yang dijanjikan dengan pejuang Aceh. Dari masa Daud Beureueh hingga Hasan Tiro.

Padahal, penduduk negeri ini telah memberikan apapun untuk negara ini sejak lepas dari Belanda dan Jepang. Bahkan bisa dibilang, Aceh adalah ibu dari Indonesia. Dari daerah ini, Indonesia kemudian ada. Saat tanah Jawa bermesra-mesraan dengan para kompeni, pejuang Aceh justru mengangkat rencong.

Bahkan, demi Indonesia, perang saudara terbesar terjadi di Aceh. Perang cumbok antara kaum Teungku dan Teuku meletus di daerah Pidie. Akibat perang ini, banyak darah mengalir di Aceh. Keluarga Teuku tercerai berai dan kebanyakan angkat kaki dari Aceh demi keselamatan nyawa mereka.

Saat itu, kaum Teuku ingin mempertahankan kekuasaan Belanda di Aceh. Sementara para Teungku mendatangkan Jepang.

Kekuasaan Jepang sendiri saat itu sedang kritis. Mereka kemudian mempersiapkan kelahiran Indonesia.

Beberapa tahun pasca kemerdekaan Indonesia, kaum Teungku justru balik menentang. Dari sinilah akhirnya lahir pemberontakan DI/TII yang berakhir dengan Ikrar Lamteh, serta berlanjut dengan AM hingga GAM yang berakhir dengan MoU Helsinki. Kedua perjanjian ini sendiri menimbulkan pro kontra di kalangan para pejuang itu sendiri.

Menurut Ibnu, semua ini tak akan berakhir jika tidak ada keikhlasan dari pemegang mandat negeri ini.

“Ya tuhan, lindungi negeri ini. Jangan biarkan darah kembali mengalir di tanah aulia ini,” gumam Ibnu dalam hati.

“Jangan biarkan yatim piatu baru lahir di tanah suci ini. Cukup aku dan ribuan anak lainnya menderita karena konflik ini. Jangan biarkan dendam ini menjadi warisan kami di masa depan.”

Ibnu mengambil sepeda motornya dan bergerak ke Darussalam.

Ia memiliki tugas kuliah yang harus diselesaikannya. Ia tak ingin mendapat nilai buruk pada mata kuliah tersebut sehingga harus memperpanjang semester agar bisa lulus. Ia tak ingin beasiswanya terputus dan akhirnya memulai sesuatu dari nol kembali.

Sekitar 10 menit perjalanan, ia akhirnya tiba di kampus. Ia memarkirkan sepeda motornya di depan RKU tiga.

“Bang Ibnu,” seru seorang gadis dari kejauhan.

Ibnu kenal dengan pemilik suara itu. Ia yang selalu menantinya di kampus. Ada beragam alasan yang digunakan. Gadis itu terang-terangan menyatakan perasaan suka kepadanya sejak dua tahun lalu. Tapi Ibnu sendiri selalu menolak dengan kalimat yang halus. Anehnya, sang gadis tadi tak juga menjauhinya.

Belakangan ini, gadis itu justeru lebih sering menemuinya di kampus. Ia seperti memiliki banyak mata-mata.

“Bang Ibnu sombong sekali sekarang. Pesan kita tak dibalasnya. Telepon tak diangkat,” ujar sang gadis lagi.

Pernyataan sang gadis membuat Ibnu mengerut kening. Ibnu baru sadar bahwa ia mematikan telepon selama pertemuan dengan sahabat almarhum ayahnya tadi.

“Oh maaf, Riska. Handphone habis baterai dari tadi pagi,” ujarnya beralasan.

Sang gadis tersenyum. Ia sepertinya percaya dengan alasannya tersebut. Senyum gadis itu sangat menawan. Aroma mawar menebar di sekelilingnya. Gadis itu terlihat sangat cantik dengan gamis panjang yang dikenakannya. Ibnu tak habis pikir jika gadis secantik itu bisa jatuh hati kepada dirinya.

[Bersambung]

Comments

Popular posts from this blog

Mudifah atau kunjungannya anak pondok

Hari kunjungan atau yang mereka sebutkan mudifah merupakan hari yang menyenangkan bagi anak pondok pesantren, karena hari itu berbeda dari hari-hari sebelumnya. Yups, hari yang begitu special seperti lebarannya anak pondok.pada hari kunjungan mereka bisa bertemu dengan sanak family dan semua keluarga besarnya, bayangkan mulai pagi hari mereka udah mulai antri hp dipengasuhan dengan batas waktu yang ditentukan mereka lengkap memesan semua pesanan sama keluarganya, yang paling utama adalah makanan, mulai dari nasi sampai dengan makanan penutup. Yang penulis herankan, terkadang dari segoni pesanannya cuma satu  yang dimakan,padahal semua makanan yang pesan sama aja dengan makanan sehari-hari di pondok juga, ah mungkin itu bawaan dari orangtua jadi berasal paling maknyuus gitu. Mudifah kata yang tak asing bagi penghuni pondok, yang kata mereka pondok adalah penjara suci,,,banyak istilah bagi mereka anak pondok, ada yang namanya penjara suci ?? tidak  lain adalah pesantren. Jadi di hari

KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 ALAFAN

Soal Kimia Kelas X IPA 1.       1. Jelaskan 4 Teori Atom yang kamu ketahui! 2.       2. Hitunglah Proton (P), Elektron (e) dan Neutron (N) dari:       3.       3. Tentukan golongan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron berdasarkan kulit ( K L M N O ) dari: a.        6 C b.       12 Mg c.        18 Ar 4.       4. Tentukan golongan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron berdasarkan sub kulit ( s p d f ) dari: a.        26 Fe b.       18 Ar c.        12 Mg d.       17 Cl 5.       5. Tentukan bilangan kuantum dari: a.        26 Fe b.       18 Ar     Soal Kimia Kelas XI IPA 1.       1. Tuliskan tabvel deret homolog alkana! 2.       2. Tuliskan nama dari semyawa hdrokarbon di bawah ini:   3.       3. Tuliskan nama dari senyawa Alkena dibawah ini!   4.       4. Dik Reaksi: CH 4 + O 2 à CO 2 + H 2 O   ΔH=-2P Berapakah ΔH pembakaran dari 1mol CH 4 5.       5. Bila Diketahui kalor pembentukan stándar: CO 2 = -393,5 k

belajar bahasa aceh part 2

Hari ini penulis akan melanjutkan bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa aceh, yang sebelumnya udah dijelaskan satu persatu kata dalam bahasa aceh tapi kali ini penulis akan mengajarkannya dalam bentuk kalimat ya!!!! Jangan pernah mengatakan susah sebelum mencobanya, seperti kata pepatah berakit-rakit dahulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Begitulah kira-kira ya para inspirasi lovers, susah susah dulu belajar bahasa aceh hingga mahir bicara bahasa aceh seperti penulis, apalagi yang calonnya orang aceh setidaknya bisa bertanya dalam bahasa aceh “ soe nan droen” yang artinya “siapa nama kamu”. Ayoo langsung aja kita belajar bahasa aceh nya…….. Nan loen  ( nama saya) Loen awak aceh ( saya orang aceh) Asaai loen ( asal saya) Umu loen ( umur saya) Soe nan droen ( siapa nama kamu ) Padum umu droen( berapa umur kamu ) Lon galak kuah pliek U ( saya suka sayur plik U “ sayur khas aceh”) Padum yum bungoeng nyoe ( berapa harg