Skip to main content

SOAL LATIHAN PPG BIDANG STUDI KIMIA

 


SOAL LATIHAN PPG BIDANG STUDI KIMIA

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar dengan Menyilang (X) Huruf Pada Lembar Jawaban Yang Tersedia

1.      Jika pada Kompetensi Dasar tertulis: “Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis”, maka tujuan pembelajaran paling tepat adalah peserta didik dapat ........

         a.   membuat grafik hubungan pH dan volum titran yang ditambahkan dari hasil titrasi asam basa

         b.   menjelaskan larutang penyangga dan hidrolisis berdasarkan kurva hasil titrasi asam kuat oleh basa lemah

         c.   menentukan pH titrasi asam kuat oleh basa lemah yang membentuk larutan penyangga dan hidrolisis

         d.   menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis dihubungkan dengan perubahan pH hasil titrasi asam basa

2.            Seorang pendidik kimia menunjukkan kepada siswa beberapa botol yang mengandung garam KBr, Ba(NO3)2, HCOONa, (NH4)2CO3, NH4Br, air suling, kertas lakmus, spatula, dan gelas kimia. Siswa diminta mengamati bahan-bahan yang di bawa pendidik. Pendidik memancing perhatian siswa dengan menyatakan bahwa akan diambil sedikit garam dilarutkan dalam gelas kimia, lalu ke dalam larutan garam tersebut dicelupkan kertas lakmus. Apabila pendidik tersebut mengajar dengan pendekatan saintifik maka langkah berikutnya yang dilakukan pendidik adalah....

a.         memberikan pertanyaan ke siswa manakah larutan garam yang bersifat asam, basa, dan netral.

b.        membagikan LKS dan meminta siswa secara berkelompok melakukan percobaan

c.         meminta siswa secara berkelompok mempresentasikan tentang sifat larutan garam

d.        membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan

3.      Jika tujuan pembelajaran adalah: “Peserta didik dapat menentukan jenis garam yang terhidrolisis dalam air”, maka pengalaman belajar peserta didik yang paling cocok adalah ....

         a.     diskusi tentang jenis-jenis garam yang terhidrolisis di dalam kelas

         b.     menentukan garam-garam yang terhidrolisis melalui percobaan

         c.     mendengarkan ceramah tentang garam-garam yang terhidrolisis di dalam air

         d.    membandingkan pH garam yang terhidrolisis dan garam yang terhidrasi

4.             Seorang pendidik kimia sedang menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran pada materi pokok kesetimbangan kimia. Pendidik harus mempertimbangkan pengetahuan awal siswa yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran tersebut agar siswa tidak mengalami kesulitan mengikuti pelajaran. Di antara konsep berikut yang tidak termasuk pengetahuan awal yang diperlukan siswa untuk mempelajari materi tersebut adalah….

a.         laju reaksi

b.        tumbukan efektif

c.         katalis

d.        molaritas

5.      Untuk menjelaskan representasi submikrokospik proses desalinasi air laut menggunakan membran semipermeabel paling efektif digunakan ....

          a.    poster yang menggambarkan proses desalinasi air laut

          b.    animasi komputer yang menunjukkan difusi molekul air melalui membran

          c.    gambar tiga dimensi proses pemisahan garam NaCl dari air (pelarut)

          d.    demonstrasi desalinasi air laut di dalam kelas oleh peserta didik

6.             Dalam pembelajaran kimia, di antara proses berikut yang sangat membutuhkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan penjelasan yang baik bagi siswa adalah….

a.         perubahan entalpi reaksi

b.        identifikasi ion halogenida dengan perak nitrat

c.         uji aldehid dengan pereaksi Fehling

d.        pembentukan ikatan kovalen

7.             Seorang pendidik kimia akan membelajarkan materi kimia dengan kompetensi dasar  (KD) “Memahami teori tumbukan dalam reaksi kimia berdasarkan pengaruh suhu terhadap laju rata-rata partikel zat dan pengaruh  konsentrasi terhadap frekuensi tumbukan”. Rumusan indikator berikut yang sesuai dengan rumusan KD tersebut adalah….

a.         menganalisis  pengaruh suhu terhadap jumlah tumbukan dari data percobaan

b.        mendefinisikan pengertian tumbukan efektif

c.         menjelaskan kaitan antara konsentrasi dengan jumlah tumbukan

d.        menyebutkan jenis-jenis tumbukan dalam reaksi kimia

8.      Pada soal pilihan berganda memuat opsi jawaban dan pengecoh, ciri-ciri pengecoh yang berfungsi dengan baik adalah ....

         a.   dipilih lebih banyak oleh peserta uji kelompok rendah

         b.   dipilih hanya oleh peserta uji kelompok tinggi

         c.   semua peserta uji memilih opsi tersebut

         d.   dipilih oleh sebagian kecil peserta uji

9.      Untuk mengukur ketrampilan peserta didik menggunakan alat-alat laboratorium dapat dilakukan melalui prosedur berikut ….

         a.   observasi langsung kepada sejumlah peserta didik secara acak

         b.   penilaian pada saat praktikum secara langsung

         c.   diadakan tes ketrampilan penggunaan alat-alat laboratorium

         d.   diuji pemahamannya tentang penggunaan alat dan bahan

10.    Setelah pembelajaran larutan penyangga, konsep esensial yang harus dievaluasi diantaranya adalah ....

         a.   konsentrasi molar spesi yang terdapat dalam larutan penyangga   

         b.   tetapan kesetimbangan asam lemah atau basa lemah dalam larutan penyangga

         c.   rasio kemolaran asam dan basa konjugatnya atau basa dan asam konjugatnya

         d.   kesetimbangan ionisasi asam lemah atau basa lemah

11.    Fungsi utama melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah untuk ....

         a.   meningkatkan karya ilmiah pendidik

         b.   menghasilkan inovasi pembelajaran

         c.   evaluasi kinerja pendidik dan peserta didik

         d.   meningkatkan kualifikasi pendidik

12.    Refleksi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas didasarkan pada data ....

         a.   penelitian tindakan kelas

         b.   tes seleksi nasional

         c.   lesson study

         d.   evaluasi/saran teman sejawat

13.    Saat ini banyak dikembangkan model pembelajaran LMS (Learning Management System). Maksud model pembelajaran tersebut adalah ....

         a.   peserta didik belajar sistem manajemen secara “online”     

         b.   pembelajaran dikelola melalui sistem komputer secara “online”

         c.   pembelajaran berorientasi pada manajemen kelas

         d.   pendidik dan peserta didik melakukan “selancar” di dunia maya secara bersamaan

14.    Perhatikan Kompetensi Dasar berikut : “Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan”. Kompetensi Dasar tersebut memberikan rambu-rambu kepada pendidik bahwa nilai DH reaksi dapat ....

         a.   ditentukan melalui percobaan atau hukum Hess

         b.   ditentukan melalui percobaan, hukum Hess, atau data energi ikatan

         c.   diukur dengan berbagai macam prosedur yang akurat

         d.   dibandingkan antara hasil percobaan, hukum Hess, dan data energi ikatan

15.    Salah satu tahap pembelajaran konsep deret Volta adalah siswa diminta mengamati: “besi berkarat, besi yang telah dicat, besi yang telah dilapisi tembaga, dan besi baja”. Siswa diminta membuat hipotesis berdasarkan fakta itu. Hipotesis berikut yang paling tepat adalah ….

a.      Jika besi dilapisi dengan cat atau logam lain maka dapat dihambat perkaratannya.

b.     mengapa besi mudah berkarat sedangkan besi yang dicat atau dilapisi tidak berkarat?

c.      apakah desi yang dicat bisa berkarat?

d.     besi lebih mudah berkara dibandingkan dengan tembaga atau baja.

16.    Sebelum mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidik harus memahami SKL, KI dan KD. Pernyataan berikut yang benar adalah ….

a.    SKL tidak terkait dengan KI namun KI terkait dengan KD yang memuat dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan.

b.    SKL merupakan bagian dari KI yang dijabarkan menjadi KD. Setiap KD  memuat dimensi  pengetahuan  dan dimensi ketrampilan.

c.    KD memuat dimensi proses kognitif , sikap, dan pengetahuan yang tercakup dalam SKL dan KI

d.   KD memuat dimensi  sikap, pengetahuan, dan ketrampilan merupakan bagian dari KI untuk mencapai SKL.

17.    Seorang pendidik akan mengevaluasi kompetensi siswa pada materi asam basa. Salah satu soal yang dibuat pendidik sebagai berikut: “Sebanyak 10 mL larutan NaOH diencerkan menjadi 500 mL. Larutan tersebut  kemudian dititrasi dengan larutan asam oksalat 0,1 M dengan indikator phenolptalein. Warna indikator tepat berubah ketika 10 mL larutan NaOH yang telah diencerkan titrasi menghabiskan 7,5 mL HCl 0,5M. Hitunglah pH campuran ketika penambahan 5 mL, 7,5 mL, dan 10 mL HCl!”

         Ranah kognitif dan tingkat kesulitan soal yang dibuat pendidik tersebut adalah ….

a.  pengetahuan dan sukar

b.  pemahaman dan sukar

c.  penerapan dan sukar

d. analisis dan sukar

18.    Hasil tes sumatif  untuk materisifat koligatif larutan kelas XII adalah sebagai berikut:

Kriteria

Skor

Jumlah siswa

Skor tertinggi

89

1

Skor terendah

43

1

Rerata kelas

60

 

Standar Deviasi(SD)

17

 

KKM

70

 

Jumlah siswa yang tuntas

70 - 100

70%

Apabila Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 70, maka pernyataan yang benar tentang hasil belajar siswa pada kelas tersebut adalah ….

a.    sebagian besar siswa telah mencapai ketuntasan belajar sehingga tidak perlu ada kegiatan remedial

b.    pembelajaran di kelas tersebut sangat efektif karena ada siswa yang telah mencapai skor tertinggi dan ketuntasan 79%

c.    KKM untuk materi tersebut sebaiknya diturunkan agar siswa yang tuntang mendekati 85%

d.   skor SD = 17 menunjukkan pemahaman siswa masih sangat bervariasi sehingga jarak skor antara siswa lebar

19.    Seorang pendidik akan menilai kompetensi merancang dan melakukan percobaan kimia yang mencakup tahap-tahap inkuiri. Pendidik tersebut menilai ketrampilan siswa melakukan percobaan tentang “Penentuan konsentrasi titran dengan larutan standar”. Keterampilan siswa dalam kegiatan berikut yang dinilai guru kecuali ….

a.      menimbang dengan tepat massa zat yang akan digunakan

b.     melarutkan zat yang akan dititrasi pada gelas Beaker

c.      membuat larutan standar dengan konsentrasi yang tepat

d.     memasang dan merangkai alat-alat titrasi

20.    Miskonsepsi pada materi kimia tertentu sangat khas pada siswa di sekolah itu sehingga tidak dapat digeneralisasi. Manfaat guru kimia membaca hasil-hasil penelitian miskonsepsi pada materi kimia adalah ….

a.    Mengambil hikmah dari pembelajaran bahwa pada materi-materi tertentu dapat terjadi miskonsepsi.

b.    Menggunakan hasil-hasil penelitian tersebut sebagai referensi untuk menulis karya ilmiah tentang miskonsepsi kimia.

c.    Mengetahui metode mengidentifikasi dan mengatasi miskonsepsi sehingga dapat diterapkan di kelas untuk mencegah miskonsepsi.

d.   Menerapkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan di kelas yang diampu sehingga diketahui validitas metodologi penelitian tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Mudifah atau kunjungannya anak pondok

Hari kunjungan atau yang mereka sebutkan mudifah merupakan hari yang menyenangkan bagi anak pondok pesantren, karena hari itu berbeda dari hari-hari sebelumnya. Yups, hari yang begitu special seperti lebarannya anak pondok.pada hari kunjungan mereka bisa bertemu dengan sanak family dan semua keluarga besarnya, bayangkan mulai pagi hari mereka udah mulai antri hp dipengasuhan dengan batas waktu yang ditentukan mereka lengkap memesan semua pesanan sama keluarganya, yang paling utama adalah makanan, mulai dari nasi sampai dengan makanan penutup. Yang penulis herankan, terkadang dari segoni pesanannya cuma satu  yang dimakan,padahal semua makanan yang pesan sama aja dengan makanan sehari-hari di pondok juga, ah mungkin itu bawaan dari orangtua jadi berasal paling maknyuus gitu. Mudifah kata yang tak asing bagi penghuni pondok, yang kata mereka pondok adalah penjara suci,,,banyak istilah bagi mereka anak pondok, ada yang namanya penjara suci ?? tidak  lain adalah pesantren. Jadi di hari

KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 ALAFAN

Soal Kimia Kelas X IPA 1.       1. Jelaskan 4 Teori Atom yang kamu ketahui! 2.       2. Hitunglah Proton (P), Elektron (e) dan Neutron (N) dari:       3.       3. Tentukan golongan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron berdasarkan kulit ( K L M N O ) dari: a.        6 C b.       12 Mg c.        18 Ar 4.       4. Tentukan golongan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron berdasarkan sub kulit ( s p d f ) dari: a.        26 Fe b.       18 Ar c.        12 Mg d.       17 Cl 5.       5. Tentukan bilangan kuantum dari: a.        26 Fe b.       18 Ar     Soal Kimia Kelas XI IPA 1.       1. Tuliskan tabvel deret homolog alkana! 2.       2. Tuliskan nama dari semyawa hdrokarbon di bawah ini:   3.       3. Tuliskan nama dari senyawa Alkena dibawah ini!   4.       4. Dik Reaksi: CH 4 + O 2 à CO 2 + H 2 O   ΔH=-2P Berapakah ΔH pembakaran dari 1mol CH 4 5.       5. Bila Diketahui kalor pembentukan stándar: CO 2 = -393,5 k

belajar bahasa aceh part 2

Hari ini penulis akan melanjutkan bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa aceh, yang sebelumnya udah dijelaskan satu persatu kata dalam bahasa aceh tapi kali ini penulis akan mengajarkannya dalam bentuk kalimat ya!!!! Jangan pernah mengatakan susah sebelum mencobanya, seperti kata pepatah berakit-rakit dahulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Begitulah kira-kira ya para inspirasi lovers, susah susah dulu belajar bahasa aceh hingga mahir bicara bahasa aceh seperti penulis, apalagi yang calonnya orang aceh setidaknya bisa bertanya dalam bahasa aceh “ soe nan droen” yang artinya “siapa nama kamu”. Ayoo langsung aja kita belajar bahasa aceh nya…….. Nan loen  ( nama saya) Loen awak aceh ( saya orang aceh) Asaai loen ( asal saya) Umu loen ( umur saya) Soe nan droen ( siapa nama kamu ) Padum umu droen( berapa umur kamu ) Lon galak kuah pliek U ( saya suka sayur plik U “ sayur khas aceh”) Padum yum bungoeng nyoe ( berapa harg