BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Pendahuluan
Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi pegawai negeri
sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi
pemerintah.Profesi PNS yang berprinsif Nilai Dasar
(ND) tertuang dalam pasal 3 dan 4 Undang-Undang
No 5
tahun 2014 Tentang ASN. PNS dalam
melaksanakan cita-cita bangsa mewujudkan tujuan negara sebagaimana tercantum
dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, perlu
dibangun Aparatur Sipil Negara yang memiliki cara pandang, Prilaku, etika Moral yang
disebut Nilai Dasar Profesi PNS, serta memiliki Integritas,
profesional,netral dan bebas dari intervensi polotik, bersih dari praktek
korupsi, kolusi dan nepotisme, serta patuh kepada undang-undang, mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan
peran sebagai unsur perekat dan persatuan
bangsa berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017
tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Pasal 34 ayat (7) memandang perlu
dilaksanakan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil.Pelatihan
Dasar CPNS sesuai Pasal 1 no 8 Peraturan Kepala LAN No 12 tahun 2018.Pendidikan
dan pelatihan dalam Masa Prajabatan dilakukan secaraterintegrasi untuk
membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan
kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab serta memperkuat profesionalisme kompetensi bidang.
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagai
pelayanan publik yang profesional harus memiliki kompetensi nilai dasar sesuai Pasal 5 Ayat 2 Peraturan
kepala LAN No 12 tahun 2018Tentang Pelatihan Dasar CPNS, sebagai berikut :
a. Menunjukkan
sikap perilaku bela negara;
b.
Mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya;
c.
Mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI
d. Penguasaan Kompetensi Teknis yang
dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.
Pegawai Negeri Sipil sebagai bagian dari ASN
maka harus mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya sehingga mampu
melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efesienagar CPNS memahami
konsep nilai-nilai dasar profesi PNS, nilai-nilai dasar profesi PNS di implementasikan
menjadi habituasi dalam segala kegiatan dan tingkah-laku PNS, dalam upaya mencapai sasaran kinerjanya dan
memelihara nilai-nilai yang terinternalisasi dalam sikap dan prilaku ASN.
1.2
Profil Sekolah
SMA Negeri 2 Alafan ialah sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri
yang berlokasi di Jl. Tgk. Mohd. Amintas Desa Lamerem Kecamatan Alafan
KAbupaten Siemelue, SMA Negeri 2 Alafan ini sudah
terakreditasi C dengan nomor NPSN 60726437 yang berdasarkan SK Penetapan
Hasil Akreditas BAP-S/M dengan nomor 099/BAP-S/M.Aceh/SK/XI/2017 . SMA
Negeri 2 Alafan ini dipimpin oleh Bapak Jurman , S.Ag, M.Pd mulai dari tahun
2014 sampai dengan sekarang. Adapun profile
sekolah secara lengkap yaitu:
a.
Nama
Sekolah : SMA NEGERI
2 ALAFAN
Status : Negeri
NSS :
302060908002
NPSN : 60726437
Tahun
Pendirian : 2011
b.
Alamat
Sekolah : Jln. Amintas
Desa Lamerem Alafan Kab. Siemulue
Provinsi : Aceh
Kabupaten
: Simeulue
Kecamatan :Alafan
Desa :Lamerem
Kode
Pos : 23898
Telp.
/ Fax. : -
Email : sman2alafan@gmail.com
Berdasarakn Visi dan Misi, serta dikaitkan dengan pemberian bantuan
subsidi ini, maka tujuan yang ingin di capai adalah :
a.
Terpenuhinya
sarana dan prasarana sekolah yang memadai dan menjadi indikator serta tolak
ukur dalam rangka pencapaian kualitas dan mutu pendidikan yang lebih baik;
b.
Siswa mampu
bersaing (berkompetisi) dengan satuan pendidikan pendidikannya lainya;
c.
Menjadi solusi
dalam rangka pelaksanaan kegiatan praktikum siswa yang selama ini hampir tidak
terpenuhi;
d.
Menjadikan
sekolah sebagai satuan pendidikan yang unggul dan berdaya saing dalam rangka
pelaksanaan visi dan misi sekolah, dan
e.
Terwujudnya input, proses, dan output
sekolah yang lebih baik.
Sasaran adalah
merupakan suatu harapan yang harus
terpenuhi dalam sebuah intansi/lembaga. Sebab, dengan terpenuhinya sasaran yang
inginkan, maka akan memberikan efek kepuasan terhadap lembaga dan seluruh
warganya. Adapun sasaran yang ingin
dicapai SMA Negeri 2 Alafan dalam pelaksanaan program kegiatan ini adalah
sebagai berikut :
a.
Tercapainya
kualitas dan mutu Proses Belajar Mengajar yang lebih baik;
b.
Menjadi sarana
dalam rangka pembinaan dan peningkatan minat, bakat, dan menjadikan peserta
didik lebih trampil dalam semua bidang;
c.
Melaksanakan
kegiatan yang mengarah pada program pembelajaran berbasis kompetensi, baik
dalam bidang olah raga maupun keahlian lainnya;
d.
Rataan selisih
nilai UN yang di capai siswa minimal 5,50
e.
Jumlah siswa
lulusan yang dapat diterima diperguruan Tinggi Negeri minimal 70 % dari jumlah peserta didik yang ikut seleksi
UNPTN.
f.
Dapat
meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang computer (ICT)
Sekolah ini dituntun agar muridnya memiliki akhlak yang baik , peduli dan
juga beprestasi sesuai dengan visi sekolah. Kurikulum yang digunakan juga telah
mengikuti kurikulum K – 13 dengan standar pembuatan RPP yang telah mengikuti
kurikulum K-13. SMA Negeri 2 Alafanmemiliki
5 rombongan belajar, dengan rincian sebagai berikut:
1.
2 rombel kelas X yang terdiri dari 1 rombel
kelas IPA dan 1 rombel kelas IPS
2.
1 rombel kelas XI yang terdiri dari 1 rombel
kelas IPA
3.
2 rombel kelas
XII yang terdiri dari rombel kelas IPA,
1 rombel kelas IPS
Gambar.1 SMA Negeri 2 Alafan
1.3
Struktur Organisasi SMA Negeri 2
Alafan
Gambar
2 Struktur Organisasi SMA Negeri 2 Alafan
1.4
Visi dan Misi Lembaga/Organisasi/Sekolah
a. Visi
Menjadi Sekolah
yang Unggul dan Terampil dalam Iptek dan Imtaq, berkepribadian, serta
Berwawasan Kabangsaan.
b. Misi
1.
Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
2.
Meningkatkan pembelajaran
dan bimbingan secara efektif dan efisien
3.
Mendoronrong
dan membantu siswa agar dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal
4.
Menumbuhkan
penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut serta nilai dalam
upaya mengarahkan siswa kepada prilaku yang sesuai dengan norma agamanya
5.
Mendorong agar
terciptanya disiplin bagi seluruh warga sekolah
6.
Meningkatkan
kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan yang memadai sehingga
dapat tercipta suasana belajar yang kondusif
7.
Menumbuhkan
kesadaran setiap warga sekolah agar meningkatkan pelaksanaan program 6 K
8.
Menggalakkan
kegiatan olah raga disekolah dalam rangka penbinaan fisik dan mental memacu
prestasi
9.
Menumbuh
kembangkan Kemapuan Siswa dalam bidang teknologi dan infomasi (ITC)
10.
Menumbuh
kembangkan wawasan kebangsaan kepada seluruh warga sekolah
1.5
Tugas Pokok dan Fungsi Peserta
Guru bertanggung jawab
kepada kepala sekolah dalam melaksanakan tugas umum sebagai pendidik dan
melakukan tugas khusus mengajar secara efektif dan efisien. Tugas umum guru
meliputi:
a.
Melaksanakan
tugas umum sesuai dengan keputusan kepala sekolah sebagai pengarah, pembina,
pembimbing, konsultan, pelatih dalam berbagai kegiatan siswa sesuai visi
sekolah
b.
Memelihara,
membina dan mengembangkan disiplin serta tata tertib siswa dengan penuh dengan
keteladanan.
c.
Mengembangkan lingkungan fisik dan hubungan
sosial di sekolah dengan pendekatan kasih sayang dalam membentuk kehidupan
sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan warganya.
d.
Bekerja sama dengan seluruh warga sekolah dalam
melakukan perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi kegiatan sekolah.
e.
Menciptakan sekolah sebagai tempat belajar guru
dalam menunjang pembaharuan pendidikan berkelanjutan dan meningkatkan mutu
pelayanan sekolah.
f.
Bekerja sama menciptakan media belajar siswa
sesuai dengan perkembangan ilmupengetahuan dan teknologi yang diselaraskan
dengan kebutuhan kompetensi siswa di masa mendatang.
g.
Mengikuti kegiatan MGMP
h.
Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk
kenaikan pangkatnya.
Tugas khusus guru meliputi:
a.
Menyusun program pengajaran
-
Program tahunan
-
Program semester
-
Silabus
-
Rencana penilaian/penugasan
-
Rubrik penilaian dan analisis hasil evaluasi
-
Menyusun program perbaikan dan analisis hasil
evaluasi
b.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan membuat catatan
refleksi pembelajaran
c.
Melaksanakan kegiatan penilaian belajar secara
berkelanjutan melalui penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan akhir
semester, dan ulangan kenaikan kelas dan ujian akhir.
d.
Memeriksa, menilai dan mengumumkan hasil penilaian
tugas siswa tepat waktu.
e.
Menganalisis hasil ulangan harian dan ulangan
umum.
f.
Melaksanakan perbaikan dan pengayaan.
g.
Mengisi daftar nilai siswa.
h.
Mengupayakan materi seimbang antara akademik
dan life sklil.
i.
Mau menerima masukan dari luar untuk proses
pengembangan sistem pembelajaran
j.
Memotivasi peserta didik antusias, bersemangat,
kreatif, kritis, dan senang bersekolah/belajar dan diajak berbicara tentang
sekolahnya.
k.
Memonitor dan memotivasi perkembangan hasil
belajar setiap peserta didik
l.
Membimbing dan melatih siswa dalam proses
pembelajaran.
m.
Membuat, memilih dan mengembangkan media alat
peraga.
n.
Menciptakan karya ilmiah atau karya seni.
o.
Mengikut pengembangan atau sosialisasi
kurikulum atau silabus.
p.
Melaksakan pembaharuan pendekatan, metode dan
teknik pembelajaran secara berkelanjutan.
q.
Mendalami dan mengembangkan materi bidang
pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan.
r.
Menliti dan mencatat kehadiran siswa.
s.
Mencatat kemajuan hasil belajar siswa.
t.
Menata dokumentasi data penilaian secara
tertib, objektif dan informatif.
1.5. Nilai Dasar
Profesi PNS
Nilai Dasar (ND) Profesi PNS adalah, cara pandang, prilaku, tingkah laku,
etika dan moral ASN yang dijadikan
standar profesi PNS sebagai pelaksana
undang-undang, pelayan publik dan pemersatu bangsa. Nilai dasar profesi PNS
bersumber pada Pasal 4 UU No..5/2014 tentang ASN, dan diuraikan dalam Mata Ajar Manajemen ASN dan
Mata Ajar ANEKA, sebagai berikut:
a.
Memegang teguh ideologi Pancasila; b. Setia dan
mempertahankan Undang-Undang Dasar 1945 serta pemerintahan yang sah; c.
Mengabdi kepada negara dan rakyat Indonesia; d. Menjalankan tugas secara
profesional dan tidak berpihak; e. Membuat keputusan berdasarkan prinsip
keahlian; f. Menciptakan lingkungan kerja yang nondiskriminatif; g. Memelihara
dan menjunjung tinggi standar etika yang luhur; h. Mempertanggungjawabkan
tindakan dan kinerjanya kepada publik; i. Memiliki kemampuan dalam melaksanakan
kebijakan dan program pemerintah; j. Memberikan layanan kepada publik secara
jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil guna, dan santun;
k. Mengutamakan kepemimpinan berkualitas tinggi; l. Menghargai komunikasi,
konsultasi, dan kerja sama; m. Mengutamakan pencapaian hasil dan mendorong
kinerja pegawai; n. Mendorong kesetaraan dalam pekerjaan; dan o. Meningkatkan
efektivitas sistem pemerintahan yang demokratis sebagai perangkat sistem
karier.
Uraian
Nilai dasar Profesi PNS dalam Mata Diklat ANEKA diklat Latsar sebagai berikut :
Profesi PNS yang
berprinsif Nilai Dasar (ND) |
Mata Diklat |
Kepemimpinan, Transparasi, IntegritasTanggungjawab (Responsibilitas) Keadilan, Kepercayaan, KeseimbanganKejelasan, Konsistensi |
Akuntabilitas |
a.
Wawasan kebangsaan
b. Pancasila
( ada 5 Nilai) : a. Nilai Ketuhanan yme b. Nilai Persatuan dan kesatuan a). Nilai NKRI b).Bhineka tunggal ika c. Kemanusiaan yang adil & beradap d. Musyawarah Mufakat e. Keadilan sosial |
Nasionalisme |
Memegang teguh nilai-nilai ideologi Negara, Setia mempertahankan UUD45, Profesional
dan tidak berpihak.Membuat keputusan berdasarkan prinsip keahlian.Non
diskriminatif.Menjunjung tinggi standar etika luhur.Mempertanggung jawabkan
tindakan dan kinerjanya.Memiliki kemampuan melaksanakan kebijakan dan program
Memberikan layanan secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna,
berhasil guna, dan santun.Kepemimpinan berkualitas tinggi.Menghargai komunikasi, konsultasi, dan kerjasama.Mengutamakan
pencapaian hasil dan kinerja Kesetaraan dalam pekerjaan.Meningkatkan efektivitas |
Etika Publik |
Efektivitas (tercapai target)Efisiensi (realisasi target)Inovasi, dan Beroreantasi
Mutu, Berpikir
Kreatif. Komitmen |
Komitmen Mutu |
Jujur, Peduli, Mandiri,Disiplin,Tanggung Jawab, Sederhana,
Berani,Adil. |
Anti Korupsi |
1.5. Nilai
Organisasi
Aceh carong merupakan
salah satau nilai organisasi Pemerintah Aceh yang sangat baik. Dalam bidang
pendidikan Aceh Carong sangat menunjung mutu dan visi misi dari dinas
Pendidikan Aceh. Terlebih di daerah yang sangat sulit di jangkau yaitu
siemelue. Aceh carong bgi para guru sangat menunjung yang namnya program
terlebih apabila program ini saling terhubung satu sama lainnya. Pemerintah
Aceh melalui CPNS tahun ini akan merapkan dan terus mengembangkan program Aceh
Carong di seluruh aceh.
BAB
II
RANCANGAN AKTUALISASI
2.1
Latar Belakang Masalah
Selama saya di SMA Negeri 2 Alafan, melihat kurang nya penerapan model
ataupun metode pembelajaran bagi guru, sehingga mengakibatkan kurangnya atau
kecilnya tinggal hasil belajar bagi siswa. Ini disebabkan oleh berbagai factor baik guru
maupun siswa dan tidak terkecuali kondisi sekolah itu sendiri.
Laboraturium
adalah salah satau srana dan prasarana yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah
guna untuk mendukung proses pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran
yang diharapkan. Di SMA Negeri 2 Alafan belum saya temukan laboraturium IPA
beserta alat dan bahannya. Hal ini mungkin belum tersampainya bantuan dari
pemerintah terkait dalam pengadaan LAboraturium tersebut. Akibat dari tidak
adanya LAboraturium di Sekolah ini, tidak tercapainya tujuan pembelajaran
khususnya pembelajaran Kimia yang sangat memerlukan yang namnya praktikum baik
di lapangan maupun di dalam Lab.
Penerapan dan
penggunaan media pembelajaran sanagat mempengaruhi baik hasil belajar, minat,
motivasi hingga hasil belajar siswa di sekolah. Di SMA Negeri 2 Alafan saya
belum menemukan penggunaan dari medi pembelajaran oleh Guru Bidang studi. Hal
ini di pengaruhi oleh beberapa factor anatara lain, tidaknya adanya akses
internet kesekolah, kurangnya aliran listrik ke daerah tempat sekolah berada.
Hal ini akan mengakibatkan tidak efektifnya pencapaian tujuan pembelajaran oleh
guru itu sendiri.
Minat belajar
adalah satau factor yang sanagat memepengaruhi hasil belajar siswa. Tingginya
minat belajar siswa akan menaikkan atau tercapainya hasil belajar siswa. SMA
Negeri 2 Alafan yang saya lihat, minat belajar siswa masih rendah. Ini dapat di
lihat bagaimana keseharian siswa yang tidak serius dalam mengikuti pembelajaran
khususnya pembelajaran kimia.
2.2
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari uraian latar belakang
tersebut adalah:
a. Tidak Bervariasinya Penerapan Metode
Pembelajaran Bagi Guru di SMA Negeri 2 Alafan
b. Tidak tersedianya Laboraturium dan
alat-alat laboraturium pada SMA Negeri 2 Alafan
c. Belum adanya pemanfaatan media
pembelajaran bagi guru bidang studi di SMA Negeri 2 Alafan
d. Rendahnya minat belajar siswa pada
pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Alafan.
2.3 Analisa Core Isu Metode USG
Penetapan Core Isu Berdasarkan USG. Dari Metode USG tersebut akan dinilai
berdasarkan Nilai yang telah ditentukan dan Isu yang memiliki USG paling besar
akan dijadikan Core Isu berdasarkan nilai berikut:
1. Urgensi = Mendesaknya
Penyelesaian Isu Berkaitan Dengan Dimensi Waktu
2. Serious= Penyelesaian
Isu Dikaitkan Dengan Akibat, BisaMenimbulkan Masalah Baru
3. Growth= Kemungkinan Berkembang MemburukKalauTidak
Diselasaikan
Dengan menentukan nilai score skala
Linkert, nilai
1 sampai 5:
1=Sangat
Kecil; 2=Kecil; 3=Sedang; 4=Besar; 5=Sangat Besar
Tabel 2.1 Tabel Analisa Core Isu Dengan Metode USG
NO |
ISU/KERESAHAN |
SKOR USG |
Total Nilai |
|
||
U |
S |
G |
Rangking |
|||
1 |
Tidak Bervariasinya Penerapan Metode Pembelajaran Bagi Guru di SMA
Negeri 2 Alafan |
4 |
4 |
4 |
12 |
III |
2 |
Tidak tersedianya Laboraturium dan alat-alat laboraturium pada
SMA Negeri 2 Alafan |
5 |
5 |
4 |
14 |
I |
3 |
Belum adanya pemanfaatan media pembelajaran bagi guru bidang studi di
SMA Negeri 2 Alafan |
3 |
4 |
3 |
10 |
IV |
4 |
Rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2
Alafan. |
4 |
5 |
5 |
13 |
II |
2.4 Core Isu dan Judul Laporan Aktualisasi
Dari hasil USG didapati
nilei tertinggi sebagai sebagai Core
Isu “Tidak tersedianya Laboraturium dan alat-alat laboraturium ;pada SMA
Negeri 2 Alafan”. Untuk mengatasi hal tersebut maka saya akan menerapakan praktikum
sederhana dari cangkang telur dan asam jeruk nipis. Sehingga di peroleh judul
Laporan Aktualisasi : “Mengoptimalkan
Pratikum Sederhana Dari Cangkang Telur Dan Asam Cuka Untuk Materi Kimia Di Sma
2 Alafan”
2.4
Gagasan Rancangan
Kegiatan
Rancangan Kegiatan inovasi
dan Nilai Dasar digunakan untuk
mengatasi Core isu : “Mengoptimalkan
Pratikum Sederhana Dari Cangkang Telur Dan Asam Cuka Untuk Materi Kimia Di Sma
2 Alafan”antara
lain :
Tabel 2.2 Gagasan Rancamngan Aktualisasi dan Nilai Dasar
No |
Rancangan
Kegiatan |
Nilai Dasar
Yg Digunakan |
Mata Ajar
Aneka yang terkait |
1 |
Menyusun RPP dan perangkat Pembelajaan |
1.
Sopan dan Santun 2.
Bertanggung
Jawab 3.
Menjelaskan 4.
Kerjasama 5.
Menghargai
Pendapat |
1.
Akuntabilitas 2.
Etika Publik 3.
Nasionalisme |
2 |
Menyususn LKPD untuk Praktikum Sesuai Silabus
dan RPP |
1.
Inovasi 2.
Berorientasi
mutu 3.
Efektif 4.
menjelaskan |
1.
Akuntabilitas 2.
Anti Korupsi 3.
Komitmen Mutu |
3 |
Melaksanakan Praktikum sederhana dengan
menggunakan cangkang telur dan asam cuka |
1.
Adil 2.
Kejelasan 3.
Partisipasi 4.
Salam
dan Do’a 5.
Tidak
Pilih Kasih |
1.
Anti
Korupsi 2.
Akuntabilitas 3.
Nasionalisme |
4 |
Membimbing siswa dalam pembuatan Laporan |
1.
Kepercayaan 2.
Kejelasan 3.
Kerja
Sama 4.
Menghargai
Pendapat |
1.
Akuntabilitas 2.
Etika
Publik |
2.6 Tabel Rancangan Aktualisasi
Rancangan kegiatan merupakan langkah teknis untuk mewujudkan agar nilai-nilai dasar
yang awalnya inivisible (tidak terlihat) menjadi visible (terlihat).
Sebagai langkah teknis, rangkaian kegiatan tersebut belumlah cukup untuk mengaktualisasikan nilai dasar secara
sempurna. perlu dilengkapi dimensi afektif atau kepekaan rasa.
Tabel
2.3
Instrumen Rancangan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi Pegawai Negeri Sipil :
Nama peserta |
Tri Boy Haki,
S.Pd |
|
|||||
NDH/NIP |
31 / 19920101
201903 1 006 |
|
|||||
Tempat Kerja |
SMA NEGERI 2 ALAFAN |
|
|||||
Tempat
Aktualisasi |
SMA NEGERI 2 ALAFAN |
|
|||||
Core Isu |
Tidak tersedianya
Laboraturium dan alat-alat laboraturium pada SMA Negeri 2 Alafan |
|
|||||
Gagasan |
Mengoptimalkan Pratikum Sederhana Dari
Cangkang Telur Dan Asam Cuka Untuk Materi Kimia Di Sma 2 Alafan |
|
|||||
No |
Kegiatan |
Tahapan
Kegiatan |
Out
put kegiatan/ Dampak |
Nilai
Dasar |
Konstribusi
terhadap visi misi organisasi |
Penguatan
Organisasi |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1 |
Menyusun RPP
dan Perangkat Pembelajaran lainnya sesuai K-13 |
·
Berkonsultasi rencana kegiatan dan
meminta masukan dari Kepala Sekolah Mengenai renacana kegiatan, saya akan Sopan
dan menggunakan bahasa yang Santun dan saya akan Menghargai
pendapat yang diberikan Oleh
kepala sekolah dan dewan Guru ·
Menyusun
RPP mulai dari melihat kesesuaian isi materi yang terdapat dalam silabus pada
rencana kegiatan pelaksanaan pembelajaran saya akan bertangggung jawab untuk menyelesaikan proses penyusunan RPP ·
Menyiapkan bahan ajar yang sesuai
saya akan bekerja Sama dengan
guru yang serumpun dan guru lainnya. ·
Menemui, menjelasakan, meminta
masukan dan arahan kepada Wakil Kurikulum
tentang rencana kegiatan di dalam kelas, saya akan menjelaskan dengan
jelas dan saya akan menggunkan bahasa yang sopan serta bahasa yang santun dan
meminta masukan dengan komunikatif dan saya akan menghormati keputusan waka
Kurikulum. |
Saran dan izin dari kepsek RPP (Foto dan video) |
1.Akuntabilitas a.
Tanggung jawab b. Kejelasan 2.
Etika Publik a.
Kerja sama b.
Sopan dan santun 3.
Nasionalisme a.
Menghargai Pendapat |
Sesuai dengan misi SMA Negeri 2 Alafan: “ Meningkatkan pembelajaran dan Bimbingan Secara efektif dan
efesien” |
1.
Peduli 2.
Profesional |
|
2. |
Menyususn LKPD Untuk praktikum sesuai Silabus dan RPP |
·
Merumuskan LKPD sesuai tujuan
pembelajaran saya akan Berorientasi mutu untuk menyelesaikan proses
perumusan LKPD ·
Menyusun peta kebutuhan untuk
mengetahui kebutuhan dan urutan LKPD saya akan berkonsultasi dengan waka
kurikulum dengan bahasa yang Sopan dan Santun Menjelaskan maksud
dalam penyususnan LKPD dan bekerja sama dengan guru serumpun lainnya ·
Menyususn LKPD yang sesuai dengan
rumusan saya akan melaksanakan secra efektif. ·
Pembuatan LKPD sesuai dengan
langkah-langkah, saya akan berinovasi untuk mendapatkan LKPD yang baik
dan sesuai tujuan pembelajaran. |
LKPD (Foto) Saran dari waka. kurikulum |
1.Komitmen
mutu a. inovasi b. berorientasi mutu c. efektif 2. Etika Publik b.
Kerja sama c.
Sopan dan santun |
Sesuai dengan misi SMA Negeri 2 Alafan: “Meningkatkan kualitas dan kuantitas
sarana dan prasarana pendidikan yang memadai sehingga dapat tercipta suasana
belajar yang kondusif” |
Komitmen Mutu |
|
3. |
Melaksanakan praktikum sederhana dengan menggunakan cangkang
telur dan asam cuka |
·
Melakukan pembelajaran pada tahap
awal yang meliputi apersepsi, pembagian kelompok. Saat masuk kedalam kelas
saya akan mengucapkan Salam, dan mengawali kegiatan pembelajaran saya
akan berdoa bersama siswa. ·
Membagikan kelompok siswa, saya
akan adil membagi kelompok siswa sesuai dengan jumlah siswa dan siswi ·
Melakukan pembelajaran pada tahap
inti, saya akan menjelaskan kepada siswa dengan sangat jelas tentang
prosedur kerja praktikum secara perlahan. ·
Siswa bekerja secara kelompok saya
akan mengawasi dan membimbing siswa pada saat praktikum hingga selesai tidak
memilih-milih peserta dalam membimbing dan member arahan. ·
Melakukan praktikum saya kan berpartisipasi
dalam proses pembelajaran dari
awal hingga akhir. |
Hasil pengataman (foto /Video |
1. Anti
Korupsi a. adil 2 Akuntabilitas a. Kejelasan\ b. Partisipasi 3 Nasionalisme a. Sila ke-1: Salam dan Do’a b. tidak memilih milih |
Sesuai dengan misi SMA Negeri 2 Alafan: “Mendorong dan membantu siswa agar
dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal” |
Komitmen Mutu |
|
4. |
Membimbing Siswa dalam Pembuatan Laporan. |
·
Mengarahkan Siswa dalam kelompok
untuk menyiapkan bahan laporan, saya akan member kepercayaan kepada siswa siswa dalam penyususnan laporan
dan menjelaskan secara perlahan
bagaimana cara pembuatan laporan ·
Mengarahkan siswa untuk
mempersentasikan hasil laporan yang dibuat, saya akan menghagai kerjasama siswa
dan saya akan menghargai pendapat siswa saat berdiskusi dengan member
apresiasi. |
Laporan (foto/video) |
1.Akuntabilitas a. kepercayaan b. kejelasan 2.Ettika Publik a. kerja sama b. menghargai pendapat |
Sesuai dengan misi SMA Negeri 2 Alafan: “Mendorong dan membantu siswa agar
dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal” |
Integrasi |
|
Mengetahui Kepala SMA
Negeri 2 Alafan JURMAN, S.Ag,
M.Pd NIP. 19770607 200212 1 004 |
Lamerem, 11
Oktober 2019 Penulis TRI BOY HAKI,
S.Pd NIP19920101
201903 1 006 |
2.7 Jadwal Pelaksanaan Aktualisasi Nilai Dasar
Tabel 2.4. Jadewal pelaksanaan Aktualisasi Nilai Dasar Profesi
Pegawai Negeri Sipil
Nama peserta |
Tri Boy Haki, S.Pd |
|||
Instansi |
SMA NEGERI 2 ALAFAN |
|||
Tempat Aktualisasi |
SMA Negeri 2 Alafan |
|||
Core Isu |
Tidak tersedianya
Laboraturium dan alat-alat laboraturium pada SMA Negeri 2 Alafan |
|||
Gagasan Isu |
Mengoptimalkan Pratikum Sederhana Dari
Cangkang Telur Dan Asam Cuka Untuk Materi Kimia Di Sma 2 Alafan |
|||
No |
Kegiatan |
Nilai Dasar |
Uraian kegiatan |
Jadwal kegiatan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
Menyusun RPP dan Perangkat Pembelajaran lainnya sesuai K-13 |
1.Akuntabilitas a. Tanggung jawab b. Kejelasan 2.
Etika Publik d.
Kerja sama e.
Sopan dan santun 3.
Nasionalisme f.
Menghargai Pendapat |
·
Berkonsultasi rencana kegiatan dan
meminta masukan dari Kepala Sekolah Mengenai renacana kegiatan, saya akan Sopan
dan menggunakan bahasa yang Santun dan saya akan Menghargai
pendapat yang diberikan Oleh
kepala sekolah dan dewan Guru ·
Menyusun
RPP mulai dari melihat kesesuaian isi materi yang terdapat dalam silabus pada
rencana kegiatan pelaksanaan pembelajaran saya akan bertangggung jawab untuk menyelesaikan proses penyusunan RPP ·
Menyiapkan bahan ajar yang sesuai
saya akan bekerja Sama dengan
guru yang serumpun dan guru lainnya. ·
Menemui, menjelasakan, meminta
masukan dan arahan kepada Wakil Kurikulum
tentang rencana kegiatan di dalam kelas, saya akan menjelaskan dengan
jelas dan saya akan menggunkan bahasa yang sopan serta bahasa yang santun dan
meminta masukan dengan komunikatif dan saya akan menghormati keputusan waka
Kurikulum. |
18 S/d 24 Okt
2019 |
2 |
Menyususn LKPD Untuk praktikum sesuai Silabus dan RPP |
1.Komitmen
mutu a. inovasi b. berorientasi mutu c. efektif 2.
Etika Publik g.
Kerja sama h.
Sopan dan santun |
·
Merumuskan LKPD sesuai tujuan
pembelajaran saya akan Berorientasi mutu untuk menyelesaikan proses
perumusan LKPD ·
Menyusun peta kebutuhan untuk
mengetahui kebutuhan dan urutan LKPD saya akan berkonsultasi dengan waka
kurikulum dengan bahasa yang Sopan dan Santun Menjelaskan maksud
dalam penyususnan LKPD dan bekerja sama dengan guru serumpun lainnya ·
Menyususn LKPD yang sesuai dengan
rumusan saya akan melaksanakan secra efektif. ·
Pembuatan LKPD sesuai dengan
langkah-langkah, saya akan berinovasi untuk mendapatkan LKPD yang baik
dan sesuai tujuan pembelajaran. |
25 s/d 28 Okt
2019 |
3 |
Melaksanakan praktikum sederhana dengan menggunakan cangkang
telur dan asam cuka |
1. Anti
Korupsi a. adil 2. Akuntabilitas a. Kejelasan\ b. Partisipasi 3. Nasionalisme a. Sila ke-1: Salam dan Do’a b. tidak
memilih milih |
·
Melakukan pembelajaran pada tahap
awal yang meliputi apersepsi, pembagian kelompok. Saat masuk kedalam kelas
saya akan mengucapkan Salam, dan mengawali kegiatan pembelajaran saya
akan berdoa bersama siswa. ·
Membagikan kelompok siswa, saya
akan adil membagi kelompok siswa sesuai dengan jumlah siswa dan siswi ·
Melakukan pembelajaran pada tahap
inti, saya akan menjelaskan kepada siswa dengan sangat jelas tentang
prosedur kerja praktikum secara perlahan. ·
Siswa bekerja secara kelompok saya
akan mengawasi dan membimbing siswa pada saat praktikum hingga selesai tidak
memilih-milih peserta dalam membimbing dan member arahan. ·
Melakukan praktikum saya kan berpartisipasi
dalam proses pembelajaran dari
awal hingga akhir. |
29 s/d 5 Nov
2019 |
4 |
Membimbing Siswa dalam Pembuatan Laporan. |
kepercayaan kejelasan kerja sama menghargai pendapat |
·
Mengarahkan Siswa dalam kelompok
untuk menyiapkan bahan laporan, saya akan member kepercayaan kepada siswa siswa dalam penyususnan laporan
dan menjelaskan secara perlahan
bagaimana cara pembuatan laporan ·
Mengarahkan siswa untuk
mempersentasikan hasil laporan yang dibuat, saya akan menghagai kerjasama siswa
dan saya akan menghargai pendapat siswa saat berdiskusi dengan member
apresiasi. |
29 s/d 7 Nov
2019 |
BAB III
HASIL, ANALISA DAMPAK DAN HABITUASI
3.1 HASIL AKTUALISASI
Pada bagian ini dibahas aktualisasi nilai-nilai
dasar ASN (Aparatur Sipil Negara) terhadap
kegiatan yang telah
dilaksanakan di tempat tugas yakni diri
SMA Negeri 2 Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue. Ada empat rancangan
kegiatan yang direncanakan untuk dilaksnakan pada aktualisasi nilai-nilai dasar
ASN yang berdasarkan pada ANEKA (akuntabilitas, nasionalsme, etika publik,
komitmen mutu dan anti korupsi). Keempat kegiatan tersebut terlaksana sesuai
dengan yang telah direncanakan.
Berdasarkan
“Rancangan Aktualisasi Habituasi Pelatihan Dasar CPNS” yang telah ditulis dan
diseminarkan selama On Campus,
penulis sudah menerapkannya dalam kegiatan penulis sebagi guru mata pelajaran Kimia
di SMA Negeri 2 Alafan dari 4
(Empat) kegiatan yang terdapat didalam rancangan aktualisasi, keseluruhan
kegiatan tersebut telah berhasil dilaksanakan. Keempat kegiatan
yang telah dirancang dan terlaksan tersebut diuraikan sebagai berikut ini.
3.1.1
Kegiatan
1
Kegiatan satu adalah Menyususn RPP dan perangkat pembelajaran
lainnya. penulis
akan berkonsultasi mekinta saran, kemudian menyiapkan bahan bahn yang akan
dikonsultasikan kepada kepala sekolah. Tujuannya dari kegiatan awal ini adalah
untuk mendapatkan izin, saran/masukan dan arahan yang sesuai dengan kondisi
sekolah maupun siswa.
A.
Uraian Tahapan Kegiatan
Tahap pertama yang dilakukan adalah menjumpai pimpinanan yaitu
Kepala Sekolah untuk berkonsultasi dan menyampaikan rencana kegiatan selama
menajalani habituasi di SMA Negeri 2 Alafan. Saya melakukan konsultasi dengan
kepala sekolah menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Dari tahapan
ini diberikan izin untuk melaksanakan aktualisasi dan beberapa saran atau
masukan, dianataranya: bekerja sama dengan guru serumpun, guru bidang studi
lainnya dan juga terhadap staf dan tendik di sekitar SMA Negeri 2 Alafan, saya
menerima semua tanggapan dan arahan yang diberikan oleh kepala sekolah (Menghargai
Pendapat/arahan) Setelah melakukan konsultasi saya bertanggung jawab melakukan
penyususnan RPP dengan memperhatikan Silabus dan kesesuaian standar isi dan tak
lupa pula saya menyesuaikan RPP yang disususn berdasarakan kondisi sekolah dan
siswa serta kebutuhan penunjang lainnya.
Bahan ajar yang saya sususn berdasarkan dari penyusuanan RPP dan
kesesuaian isi darai materi yang akan di ajarkan. Disni saya bekerja sama
dengan guru bidang studi yang serumpun dalam mata pelajaran IPA untuk meminta
bantuan dalam penyiapan bahan ajar. Saat tahap ini saya menerima masukan dan
tanggapan guru guna untuk membantu saya dalam meyelesaian bahan ajar yang digunakan.
Saya tak lupa meminta saran dan masukan kepada waka. Kurikulum dalam
penyesuaian bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa di dalam kelas menjelaskan
maksud dari tahapan kegiatan ini dalam penyiapan bahan ajar, dengan bahasa
yang jelas, sopan dan bahasa yang
santun.
Tabel 3.1 Nilai Dasar yang Terdapat Dalam Kegiatan 1 Selama Habituasi
a. |
Sopan dan Santun |
Mengucapkan salam dan berbahasa yang sopan saat melakukan
konsultasi dengan Kepala Sekolah. |
Dokumentasi Foto |
|
|
b. |
Menghargai Pendapat |
Menerima masukan dan tanggapan berupa arahan dari kepala sekolah
umtuk bekerja sama dengan dewan guru dan staf. |
Domentasi Foto |
|
|
|
||
c. |
Tanggung Jawab |
Menyusun dan mempersiapkan RPP sesuai silabus dan K-13 |
Dokumentasi Foto |
|
|
d. |
Kerja Sama |
Meminta bantuan dan masukan dari guru serumpun dan meminta
bantuan kepada staf untuk penggunaan printer dan komputer dalam penyiapan
Bahan ajar dan RPP |
Dokumentasi Foto |
|
|
|
|
|
e. |
Kejelasan |
Menjelaskan maksud dari bahan ajar yang digunakan kepada waka.
Kurikulum untuk di gunakan saat di didalam kelas. |
Dokumentasi Foto |
|
b.
Analisa Dampak
Analisa ini akan menggambarkan bagaimana dampak positif dan
negative apabila aktualisasi dalam kegiatan pertama terlaksana selama Habituasi
di SMA Negeri 2 Alafan Bagi saya sebagai berikut:
Tabel 3.2 Dampak Positif dan Negatif dari Nilai Dasar
NO |
Nilai dasar |
Dampak |
1. |
Sopan dan Santun |
Positif : Penerapan nilai (sopan
dan santun) aneka yang saya lakukan sangat berdampak baik bagi pribadi
saya sendiri, misalnya: disambut hangat oleh kepala sekolah, dihargai apapun
yang saya bicarakan dan diberikannya arahan yang sangat memabantu saya dalam
proses aktualisasi, sehingga menjadi kebiasan bagi saya dalam berkomunikasi, baik dengan
atasan maupun kepada teman kerja lainnya.
Negatife: Apabila nilai dasar Sopan dan
Santun ini tidak saya terapkan maka akan berdampak buruk bagi saya, tidak
dihargainya saya dalam berbicara dan akan mempengaruhi nilai prilaku saya di
lingkungan kerja maupun sekolah. Ini akan mengakibatkan saya akan tidak
disukai oleh teman kerja maupun atasan. |
2. |
Tanggung Jawab |
Positif : terciptanya kebiasaan saya dalam melaksanakan
tugas akan bertanggung jawab menyelesaikan tugas yang telah diberikan.
Sehingga saya akan dihargai dan dipercaya oleh atasan maupun rekan kerja
apabila di berikan tanggung jawab oleh mereka. Sebagai pelayan masyarakat dan
Guru bagi siswa saya kebiasaan yang tumbuh dari nilai Tanggung jawab ini akan memebrikan nilai yang baik bagi
saya dalam menyelesaikan tugas yang telah di berikan. Negetife : apabila ini tidak diterapkan maka saya akan
gagal dalam menjadi atau ber habituasi menjadi ASN yang memiliki nilai ANEKA. |
3. |
Kejelasan |
Positif : Penerapan dari nilai ini akan berdampak
mengenai kejelasan dari apa
yang saya kerjakan dan saya akan lebih transparan dalam melaksanakan tudas
apabila memiliki kejelasan dalam tindakan yang dengan apa yang telah
di tugaskan. Negetife : apabila ini tidak diterapkan maka saya akan
gagal dalam menjadi atau ber habituasi menjadi ASN yang memiliki nilai ANEKA.
Serta tidak memeiliki kejelasan dalam melaksanakan tugas. |
4. |
Kerja Sama |
Positif : nilai ini akan tumbuh didalam setiap
melaksanakan tugas. Apabila saya bekerja sama dengan atasan maupun dewan guru lainnya
dalam melaksanakn tugas maka setiap tugas yang ada akan lebih terasa ringan
dan pekerjkaanpun akan cepat terselesaikan dengan target. Nilai ini akan
menjadi kebiasaan saya apabila terus saya lakukan. Negatife : tidak diterapkannya nilai kerja sama ini akan mengakibatkan, saya di hindari oleh
atasan dan rekan kerja, kemudian kerjaan akan terasa berat sehingga di anggap
saya sebagai pegawai atau guru yang sok pintar dan akan di kucilkan sehingga
akibatnya pekerjaan yang saya lakukan akan terasa berat dan sulit.
|
5. |
Menghargai Pendapat |
Positif : Penerapan nilai menghargai pendapat akan mengakinatkan kebiasaan yang baik
bagi saya yaitu menerima setiap masukan tanggapan dan arahan baik mdari
atasan dan guru lainnya. ini juga berdampak saya akan disenangi untuk menjadi
teman berbicara maupun bertukar pikiran bagi rekan kerja smaupun atasan. Negatif : jika tidak terlaksanya nilai ini maka saya
akan di nilai msebagai guru yang tidak menghargai pendapat, sehingga
tidak aka nada yang m,au untuk menjadi teman berrpikir dan berdiskusi dengan
saya. |
c.
Perwujudan Visi Misi Organisasi
Menyusun RPP, melalui konsultasi dengan atasan
dengan sopan dan bahasa yang santun menunjukkan sikap prilaku yang ramh dan
jujur, maka akan membantu dalam menjalankan kegiatan sehingga kegiatan tersebut
da[pat menjalin kerja sama, saling menghargai pendapat dan memberikan kejlesan
berprilaku satau sama lain dianatara atasan dan dewan guru. Serta
mencapai Visi dan Misi Organisasi, yaitu ” “ Meningkatkan pembelajaran dan Bimbingan Secara efektif dan
efesien”
3.1.2
Kegiatan
2
Menyususn LKPD Untuk praktikum
sesuai Silabus dan RPP. Kegiatan ini dialakukan sesuai dengan
langkah-langkah dalam pembuatan LKPD sesuai dengan RPP yang telah disusun.
a.
Uraian Kegiatan
Tahap awal dalam kegiatan 2 ini saya akan berorientasi
mutu dalam menyelsaikan rumusan LKPD yang akan saya buat sesuai dengan RPP
dan cakupan dan kesesuaian materi bahan ajar yang telah saya susun. Lanjut pada
tahap selanjutnya saya menjumpai waka.kurikulum dengan mengucapkan salam
dan masuk dengan sopan serta berkomunikasi dengan bahasa yang santun.
Saya menjelaskan maksud dari perumusan LKPD dengan menyai kebutuhan
siswa dalam pembelajaran dan meminta arahan yang sesuai dengan kondisi anak
didik dan sekolah.
Selanjutnya saya akan menyusun dan membuat LKPD
secara efektif dengan memperhatikan waktu. Dalam membuat LKPD saya berinoivasi
dengan menggantikan bahan yang susah di dapat menjadi bahan yang mudah di
jangkau dan sering di gunakan oleh siswa yaitu mengganti asam cuka dengan asam
jeruk (Buah Dima) dan mengganti gelas kimia menjadi bekas gelas air mineral
agar lebih mudah di dapat. Hal ini guna untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
sesuai dengan indicator.
Tabel 3.3 Nilai Dasar yang Terdapat Dalam Kegiatan 2 Selama Habituasi
a. |
Berorientasi Mutu |
Menyusun rumusan LKPD dan menyusunnya sesuai dengan RPP yang
telah disusun |
Dokumentasi Foto |
|
|
b. |
Sopan dan Santun |
Berkonsultasi dengan waka. Kurikulum dengan menucapkan salam dan
berbicara yang santun dalam menjelaskan rumusan pembuatan LKPD |
Dokumentasi Foto |
|
|
c. |
Kerja Sama |
Bekerja sama dengan guru serumpun dan lainnya dalam membantu
pembuatan LKPD |
|
Dokumentasi Foto |
|
d. |
Inovasi |
Mengganti bahan asam cuka menjadi asam jeruk (buah dima) dan
gelas air mineral kemasan agar mudah di dapat oleh siswa |
Dokumentasi Foto |
|
|
e. |
Efektif |
Menyususn LKPD secara efektif tanpa menunda waktu agar sesuai
dengan jadwal yang telah di atur |
|
|
b.
Analisa Dampak
Analisa ini akan menggambarkan bagaimana dampak positif dan
negative apabila aktualisasi dalam kegiatan kedua terlaksana selama Habituasi
di SMA Negeri 2 Alafan Bagi saya sebagai berikut:
Tabel 3.4 Dampak Positif dan Negatif dari Nilai Dasar
NO |
Nilai dasar |
Dampak |
1. |
Sopan dan Santun |
Positif : Penerapan nilai (sopan
dan santun) aneka yang saya lakukan sangat berdampak baik bagi pribadi
saya sendiri, misalnya: disambut hangat oleh kepala sekolah, dihargai apapun
yang saya bicarakan dan diberikannya arahan yang sangat memabantu saya dalam
proses aktualisasi, sehingga menjadi kebiasan bagi saya dalam berkomunikasi, baik dengan
atasan maupun kepada teman kerja lainnya.
Negatife: Apabila nilai dasar Sopan dan
Santun ini tidak saya terapkan maka akan berdampak buruk bagi saya, tidak
dihargainya saya dalam berbicara dan akan mempengaruhi nilai prilaku saya di
lingkungan kerja maupun sekolah. Ini akan mengakibatkan saya akan tidak
disukai oleh teman kerja maupun atasan. |
2. |
Berorientasi Mutu |
Positif : penerapan nilai ini akan menumbuhkan nilai
pada sikap saya yang berjanji pada diri (berorientasi mutu)untuk
mneyelesaikan suatu tugas yang telah diberikan atau yang menjadi tanggaung
jawab saya. Negetife : apabila ini tidak diterapkan maka saya akan
gagal dalam menjalani kebiasaan atau ber habituasi menjadi ASN yang memiliki
nilai ANEKA. |
3. |
Inovatif |
Positif : penerapan nilai inovatif saat
mengumpulkan dan mepersiapkan bahan dan alayang tepat dan mudah diapat
praktikum pada LKPD sehingga tujuan pembelajaran menjadi tercapai dan sesuai
RPP yang disususn. Bahan yang saya dan alat yang saya gubkan sanagt mudag
didapat oleh siswa dan akan mudah di praktekkkan di rumah. Negetife : apabila ini tidak diterapkan maka saya
menjadi guru yang tidak inovatif sehingga tujuan pembelajaran tidak
tercapai. Dan saya menjadi guru yang gagal. |
4. |
Kerja Sama |
Positif : nilai ini akan tumbuh didalam setiap
melaksanakan tugas. Apabila saya bekerja sama dengan atasan maupun dewan guru lainnya
dalam melaksanakn tugas maka setiap tugas yang ada akan lebih terasa ringan
dan pekerjkaanpun akan cepat terselesaikan dengan target. Nilai ini akan
menjadi kebiasaan saya apabila terus saya lakukan. Negatife : tidak diterapkannya nilai kerja sama ini akan mengakibatkan, saya di hindari oleh
atasan dan rekan kerja, kemudian kerjaan akan terasa berat sehingga di anggap
saya sebagai pegawai atau guru yang sok pintar dan akan di kucilkan sehingga
akibatnya pekerjaan yang saya lakukan akan terasa berat dan sulit. |
5. |
Efektif |
Positif : penerapan nilai efektif selama habituasi yang saya lakukan sanagt
bermanfaat, terutama saat dalam pembuatan LKPD sehingga waktu yang digunkan
menjadi efektif sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan. Negatif : jika tidak terlaksanya nilai ini, maka saya
akan menggunkan waktu yang sangat banyak dan memakn waktu untuk kegiatan
lainnya. |
c.
Perwujudan Visi Misi Organisasi
Pembuatan LKPD, melalui konsultasi dengan atasan
dengan sopan dan bahasa yang santun menunjukkan sikap prilaku yang ramah dan
jujur, maka akan membantu dalam menjalankan kegiatan sehingga kegiatan tersebut
dapat berjalan dengan baik. Penggantian bahan dari asam cuka menjadi asam jeruk
yang sering digunkaan oleh siswa dan mengganti alat berupa gelas kimia menjadi
gelas bekas air mineral menjadi sanagt inovatif dan membantu siswa dalam
mencapai tujuan pembelajaran yang saya berikan. Serta mencapai Visi dan Misi Organisasi, yaitu ” “ Meningkatkan pembelajaran dan Bimbingan
Secara efektif dan efesien”
3.1.3
Kegiatan 3
Melaksanakan praktikum sederhana
dengan menggunakan cangkang telur dan asam cuka. Pelaksanaan praktikum mulai dari pendahuluan sampai penyampaian
hasil praktikum dilakuka sesuai dengan apa yang di RPP yang telah disusun
sebagai bahan adalah LKPD.
a.
Uraian Kegiatan
Tahap awal yaitu masuk kedalam kelas aya mengucapkan
salam dan membimbing siswa untuk berdo’a bersama sama. Setelah
itu saya akan mngabsensi siswa agar mengetahui siap siapa asaj yang tidak hadir
ini adalah bentuk kepedulian saya terhadap siswa. Selanjutnya membagi beberapa
kelompok siswa dan siswi saya bersikap adil agar bpara peserta didik mendapatkan porsi
yang sama maupun jumlah yang sama. Tahap selanjutnya adalah memulai
pembelajaran dengan menjelaskan kepada siswa prosedur kerja yang
terdapat dalam LKPD dengan perlahan dan jelas.
Tahap selanjutnya siswa melakukan praktikum dan saya
membimbing siswa tidak memilih-milih siswa yang harus di bombing.
Seluruh siswa mendapalkan porsi yang sama saat pelaksanaan praktikum saya trut
membimbing dengan berjalan dan berpindah dari kelompok satu ke kelompok
lainnya, itulah adalah wujud dari kepedulian saya terhadap siswa. Selama
praktikum saya ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan praktikum dari awal hingga
akhir guna agar tercapainya dan mengatsi kesulitan peserta didik dalam
melakukan praktikum.
Tabel 3.5 Nilai Dasar yang Terdapat Dalam Kegiatan 3 Selama Habituasi
a. |
Salam dan Berdoa |
Mengucapkan salam saat masuk kedalam kelas dan berdoa bersama
siswa seblum memulai pembelajaran |
Dokumentasi foto |
|
|
b. |
Adil |
Membagi siswa dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa
agar setiap kelompok mendapatkan jumlah siswa yang sama |
Dokumentasi foto |
|
|
|
||
c. |
Kejelasan |
Menjelaskan tahap demi tahap prosedur kerja secara perlahan. |
Dokumentasi foto |
|
|
d
|
Tidak memilih-milih |
Memberikan bimbingan kepada seluruh siswa tanpa harus pilih kasih
agar semua siswa mendapat bimbingan sat praktikum. |
Dokumentasi foto |
|
|
|
||
|
||
e. |
Berpartisipasi |
Ikut dalam melakukan praktikum agar siswa lebih paham saat
melakukan praktikum dan ikut berpartisipasi malakukan praktikum dengan siswa.
|
Dokumentasi foto |
|
|
|
|
b.
Analisa Dampak
Analisa ini akan menggambarkan bagaimana dampak positif dan
negative apabila aktualisasi dalam kegiatan kedua terlaksana selama Habituasi
di SMA Negeri 2 Alafan Bagi saya sebagai berikut:
Tabel 3.6 Dampak Positif dan Negatif dari Nilai Dasar
NO |
Nilai dasar |
Dampak |
1. |
Salam dan berdo’a |
Positif : mengucapkan salam
dan berdoa adalah salah satu nilai yang wajib kita punya bagi kita yang
memiliki agama , terutama aberagama islam. Karena itu bentuk wujud rasa
syukur terhadap Tuhan agar terlaksananya dengan lancer kegiatan pembelajaran.
Negatife: Apabila nilai dasar salam dan sopan tidak kita terapkan maka akan berdampak kita
tidak menghargai siswa dan tidak menrapkan nilai pancasila dala sila ke-1
yang harus dimiliki o;eh stiap warga Negara. |
2. |
Adil |
Positif : penerapan nilai ini akan menumbuhkan nilai
pada sikap saya yang membagi kelompok sesuai dengan jumlah siswa agar seluruh
siswa merasa adil dalam pembagian kelompok bagi mereka. Negetife : apabila ini tidak diterapkan maka saya akan
menumbuhkan sikap yang kurang adil terhadap siswa, akibatnya siswa tidak akan
senang terhadap saya. |
3. |
Tidak memilih-milih |
Positif : tidak memilih –milih saya dalam membimbing siswa memberikan kesan
dan berdampak positif bagi siswa. Sehingga setiap siswa merasa bahwa saya
peduli terhadap mereka Negetife : apabila ini tidak diterapkan maka saya
menjadi guru yang tidak adil dan pilih kasih dalam membimbing. |
4. |
kejelasan |
Positif : Menjelaskan tahap demi tahap prosedur kerja dari
praktikum yang ada di LKPD adalh bentuk tanggup jawab dalam member penjelasan
agar siswa paham. Negatife : apabila nilai ini tidak saya lakukan maka
siswa akan kurang paham dalam melakukan praktikum. |
5. |
Berpartisipasi |
Positif : apabila saya berpartisipasi maka asaya telah
ikut malkukan dan peduli terhadap siswa dalam melakukan praktikum dan saya
lebih mudah dalam melakukan bimbingan kepada mereka. Negatif : jika tidak diterpkan nilai ini maka saya
termasuyk kedalam guru yang tidak peduli terhadap siswa. |
c.
Perwujudan Visi Misi Organisasi
Melakukan praktikum dengan rasa adil, jelas, ikut berpartisipasi dan tidak pilih kasih. Akan memberikan suasana pembelajaran yang
menyenangkan bagi siswa dan akan menumbuhkan keharmonisan antara guru dan
siswa.. Serta mencapai Visi dan Misi
Organisasi, yaitu “ Meningkatkan pembelajaran dan Bimbingan Secara efektif dan efesien”
3.1.4
Kegiatan 4
Membimbing
Siswa dalam Pembuatan Laporan. Kegiatan
ini menjelaskan tentang kegiatan memmbimbing siswa dalam pembuatan laporan
untuk dipersentasikan setelah berdiskusi dengtan teman sekelompok.
a.
Uraian
kegiatan
Tahap
awal dari kegiatan ini saya mengarhakan siswa untuk membuat laporan dari hasil
pengamatan yang ada dengan cara menjelaskan bagaimana cara penyususnan laporan
yang ada. Saya menjelaskan urutan
pembuatan laporan dari kertas HPS yang dibagikan. Saya akan percaya kepada siswa dengan memberi kepercayaan untuk menyelesaikan
laporan. Selanjutnya saya membimbing siswa dan bekerja sama dengan siswa
dengan membimbing mereka dalam berdiskusi dan membuat laporan. Tahap akhir
adalah persentasi saya akan menghargai
pendapat yang diberikan siswa dari hasil diskusi mereka dengan memberi
apresiasi.
Tabel 3.7 Nilai Dasar yang Terdapat Dalam Kegiatan 4 Selama Habituasi
a. |
Kejelasan |
Menjelaskan setiap langkah
penyusunan laporan parkatikum. |
Dokumentasi Foto |
|
|
b. |
Kepercayaan |
Memberi kepercayaan kepada
siswa untuk menyususn laporan untuk dipersentasikan sambil membimbing siswa. |
|
Dokumentasi Foto |
|
c. |
Kerja Sama |
Bekerja
sama dengan siswa dengan cara membimbing siswa dala
pembuatan laporan untuk persentasi. |
Dokumentasi Foto |
|
|
|
||
d. |
Menghargai
Pendapat |
Menghargai
pendapat yang
diberikan siswa saat persentasi di teman kelas dengan memberi apresiasi dan
tepuk tangan dari siswa lainnya. |
|
Dokumentasi Foto |
|
|
|
|
|
|
b.
Analisa Dampak
Analisa ini akan menggambarkan bagaimana dampak positif dan
negative apabila aktualisasi dalam kegiatan kedua terlaksana selama Habituasi
di SMA Negeri 2 Alafan Bagi saya sebagai berikut:
Tabel 3.8 Dampak Positif dan Negatif dari Nilai Dasar
NO |
Nilai dasar |
Dampak |
1. |
Kejelasan |
Positif : menjelaskan proses dan langkah pembuatan laporan sangat
membantu siswa dalam penyusunan dan pembuatan laporan. Dampak yang sangat
baik dari nilai ini diterapkan yaitu munculnya pemahaman siswa dari
penjelasan ini
Negatife: Apabila nilai dasar kejelasan ini
tidak diterapkan, maka siswa akan bingung dan tidak pahamnya siswa dalam
pembuatan laporan. |
2. |
Kepercayaan |
Positif : penerapan nilai ini akan menumbuhkan nilai kepercayaan terhadap teman dan kepercayaan diri untuk
berdiskusi dengan teman sekelompok. Negetife : apabila ini tidak diterapkan maka saya akan
menumbuhkan sikap yang tidak percaya dalam menjadi seorang guru, akibatnya saya
akan mengajar nya tidak professional dan siswa akan dirugikan. |
3. |
Kerja sama |
Positif : nilai ini akan tumbuh didalam setiap
melaksanakan tugas. Apabila saya bekerja sama dengan siswa dalam melaksanakn tugas dan
didalam proses belajar mengajar maka setiap tugas yang ada akan lebih terasa
ringan dan pekerjkaanpun akan cepat terselesaikan dengan target. Nilai ini
akan menjadi kebiasaan saya apabila terus saya lakukan. Negatife : tidak diterapkannya nilai kerja sama ini akan mengakibatkan, saya di hindari oleh
siswa dan dianggap sebagai guru yang tidak peduli. |
4. |
Menghargai Pendapat |
Positif : menghargai pendapat dengan
memeberi apresiasi kepada siswa saat melakukan persentasi adalah nilai yang
akan menumbuhkan semanagt dan menghargai setiap apa yang dilakukan oleh
siswa, sehingga siswa akan tetap termotivasi dalam belajar dan berpendapat. Negatife : apabila nilai ini tidak saya lakukan maka
siswa tidak akan tumbuh arasa percaya
diri. Akibatnya siswa akan malas dalam menyampaikan pendapat akibat tidak
dihargai. |
c.
Perwujudan Visi Misi Organisasi
Menyampaikan hasil praktikum dengan
Jelas, percaya kerja sama dan menghargai pendapat, Akan memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan
akan menumbuhkan keharmonisan antara guru dan siswa dalam berpendapat dengan
saling menghargai satu sama lain... Serta mencapai Visi dan Misi Organisasi, yaitu “Mendorong
dan membantu siswa agar dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal”.
3.2 Habituasi
Habituasi secara harifah
diartikan sebagai sebuah proses pembiasaan pada/atau dengan “sesuatu” supaya
menjadi terbiasa atau terlatih untuk melakukan “sesuatu” yang bersifat
intristik pada lingkungan kerjanya. Adapun indikator keberhasilan pembelajaran
agenda Habituasi adalah teridentifikasinya suatu kondisi nyata yang terjadi di
dalam lingkungan kerja secara spesifik terkait dengan tuntutan pelaksanaan
tugas jabatannya, sebagi isu yang muncul dan harus dipecahkan. Habituasi yang
dilakukan selama aktualisasi telah dijabarkan dalam table kegiatan 1 dan 4 dia
atas dalam melaksanakan kegiatan aktualisasi di SMA Negeri 2 Alafan
Comments
Post a Comment