Skip to main content

makalah teknik laboratorium


KATA PENGANTAR
           Segala puji bagi  Allah. Dialah yang telah menyucikan hati para kekasih-Nya sehingga tidak tertarik sama sekali terhadap pesona keindahan dunia. Dialah yang telah membersihkan nurani mereka sehingga tidak terpesona terhadap apa pun selain haribaan-Nya. Dialah yang memurnikan hati nurani mereka untuk beriktikaf lama di atas hamparan kemuliaan-Nya. Setelah itu, Dia menampakkan diri-Nya di hadapan mereka lewat beragam asma dan bermacam sifat-Nya. Cahaya makrifat pun lalu memancar dari hati mereka. Dia juga menyibak tabir wajah-Nya sehingga terbakarlah nurani mereka dengan api cinta. Hati mereka tertutupi oleh hakikat keagungan-Nya dan hilang ingatan terhadap segala. Yang ada hanyalah hamparan kebesaran dan keagungan-Nya.
Makalah ini kami buat atas inisiatif kami dan dosen pembimbing guna memenuhi proses belajar mengajar dalam mata kuliah teknik laboratorium. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen pembimbing karena telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengupas sebuah tema yang berjudul Making a rainbow .Semoga makalah ini memberi manfaat besar kepada pembaca dengan segala ketulusan niatnya senantiasa berusaha mengadakan perbaikan-perbaikan diri demi kesempurnaan dan kejayaan dirinya.

Banda Aceh, 16 oktober  2011
Penulis






PENDAHULUAN
Pada percobaan kali ini kami akan membahas tentang lipid yang merupakan senyawa hidrokarbon alifatik nonpolar, karena non polar lipid tidak dapat larut dalam pelarut polar seperti air, lipid mempunyai peranan penting untuk mengikat molekul. Kategori lipid di antaranya adalah asam lemak yang merupakan asam alkanoat dengan rumus yang panjang. pada senyawa asam dengan sedikit atom karbon, gugus asam akan mendominasi sifat molekul dan memberikan polar kimiawi walaupun demikian pada asam lemak, rantai alkanalah yang mendominasi sifat molekul.
Etanol atau alkohol ( C2H5OH) merupakan bahan kimia organik yang mengandung oksigen yang paling eksotik karena kombinasi sifat-sifat uniknya yang dapat digunakan sebagai pelarut, bahan anti beku dan bahan bakar.
Lemak masak termasuk kedalam lemak nabati yaitu lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, lemak biasaya berwujud padad pada suhu ruang, apabila lemak berbentuk cair pada suhu ruang lebih dikenal dengan sebutan minyak, meski demikian wujud padat atau cair suatu lemak disebabkan oleh kandungan asam lemak yang terdapat pada lemak tersebut.
Sabun merupakan garam logam alkali dari asam lemak, proses pembentukan sabun dalam lemak dan minyak oleh NaOH dan KOH disebut penyabunan.
Lebah madu menghasilkan madu yang dibuat dari nektar ( senyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar tanaman dalam bentuk larutan gula ) sewaktu musim tumbuhan berbunga. Sewaktu nektar dikumpulkan oleh lebah pekerja bunga, bahan tersebut mengandung air tinggi(80%)dan juga gula (sukrosa tinggi). Setelah lebah mengubah nektar menjadi madu, kandungan air menjadi rendah dan sukrosa diubah menjadi fruktosa(levulosa) dan glukosa (dekstrosa).
Jadi, dapat disimpulkan bahwa minyak, alkohol, ,madu dan sabun merupakan lipid/lemak yang apabila dicampurkan ketiga larutan tersebut akan tetap terpisah, itu semua disebabkan karena perbedaan lemak yang terkandung dalam empat komponen tersebut, untuk penjelasan lebih lanjut kami akan melakukan praktikum sebagai berikut.

    


DASAR TEORI :
Lemak dan minyak adalah salah satu kelompok yang termasuk pada golongan lipid, yaitu senyawa organik yang terdapat di alam serta tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar dietil eter( C2H5OC2H5) dan kloroform ( CHCl3), benzena dan hidrokarbon lainnya. lemak dan minyak dapat larut dalam pelarut yang disebutkan diatas karena lemak dan minyak mempunyai polaritas yang sama denga pelarut tersebut ( Harold Art, 1983).
Asam lemak terdiri dari rantai hidrokarbon yang berakhiran dengan gugus asam karboksilat; penyusunan ini memberikan molekul ujung yang polar dan hidrofilik, dan ujung yang nonpolar dan hidrofobik yang tidak larut di dalam air. Struktur asam lemak merupakan salah satu kategori paling mendasar dari biolipid biologis dan dipakai sebagai blok bangunan dari lipid dengan struktur yang lebih kompleks. Rantai karbon, biasanya antara empat sampai 24 panjang karbon,[9] baik yang jenuh ataupun tak jenuh dan dapat dilekatkan ke dalam gugus fungsional yang mengandung oksigen, halogen, nitrogen, dand belerang (Hunt SM, Groff JL, Gropper SAS,1995 ).
Asam lemak merupakan sekelompok senyawa hidrokarbon yang berantai panjang dengan gugus karboksilat pada ujungnya. Asam lemak memiliki empat peranan utama. Pertama, asam lemak merupakan unit penyusun fosfolipid dan glikolipid. Molekul-molekul amfipatik ini merupakan komponen penting bagi membran biologi.Kedua, banyak protein dimodifikasi oleh ikatan kovalen asam lemak, yang menempatkan protein-protein tersebut ke lokasi-lokasinya pada membran . Ketiga, asam lemak merupakan molekul bahan bakar. Asam lemak disimpan dalam bentuk triasilgliserol, yang merupakan ester gliserol yang tidak bermuatan. Triasilgliserol disebut juga lemak netral atau trigliserida. Keempat, derivat asam lemak berperan sebagai hormon dan cakra intrasel (Champe P C PhD, 1994 )
Nama asam lemak secara sistematis berasal dari nama hidrokarbon induknya dengan memsubstitusikan oat untuk akhiran a terakhir. Misalnya, asam lemak jenuh C18 disebut dengan oktadekanoat sebab hidrokarbon induknya adalah oktadekana ( Lehninger A, Nelson D, cox M M, 1993).




ALAT DAN BAHAN
Alat     :
·         Tall glass
·         spoon
Bahan  :
·         Alcohol
·         Dish soap
·         Honey
·         Water
·         Food coloring
Prosedur kerja :
1.    Add honey first, don’t let the honey touch the sides of the glass
2.    Next add the dish soap
3.    Add your choice of food to plain water and stir, carefully pour the water, tilt the glass and let the water run down the side of the glass
4.    Slowly add the vegetable oil
5.    Add food coloring to the rubbing alcohol, and carefully pour the last layer













PEMBAHASAN

Setelah melakukan percobaan diatas dapat kita ketahui bahwa, Lipid adalah senyawa organik yang diperoleh dari proses dehidrogenasi endotermal rangkaian hidrokarbon. Lipid bersifat amfifilik, artinya lipid mampu membentuk struktur. Lipid merupakan lemak salah satu jenis ester yang bersifat non polar, lipid sederhana hanya tersusun dari unsur C,H dan O, lipid sederhana dikelompokkan menjadi dua yaitu : lemak (fat) dan Lilin (wax).
Pada percobaan yang kami lakukan ini, dimana alkohol, minyak, sabun dan madu sehingga ketiga unsur tersebut tidak larut karena perbedaan lemak yang terkandung dalam masing-masing unsur tersebut.
Asam lemak merupakan sekelompok senyawa hidrokarbon yang berantai panjang dengan gugus karboksilat pada ujungnya. Asam lemak memiliki empat peranan utama. Pertama, asam lemak merupakan unit penyusun fosfolipid dan glikolipid. Molekul-molekul amfipatik ini merupakan komponen penting bagi membran biologi.Kedua, banyak protein dimodifikasi oleh ikatan kovalen asam lemak, yang menempatkan protein-protein tersebut ke lokasi-lokasinya pada membran . Ketiga, asam lemak merupakan molekul bahan bakar. Asam lemak disimpan dalam bentuk triasilgliserol, yang merupakan ester gliserol yang tidak bermuatan. Triasilgliserol disebut juga lemak netral atau trigliserida. Keempat, derivat asam lemak berperan sebagai hormon dan cakra intrasel.
Menurut Bloor, lipid terdiri dari : lipid sederhana ( ester lemak dengan berbagai berbagai alkohol, contohnya ; lemak atau gliserida dan lilin, Lipid gabungan (ester asam lemak yg punya gugus tambahan, contohnya : fosfolipid, serebrosida)  Derivat lipid (senyawa yg dihasilkan dari proses hidrolisa lipid, contohny : asam lemak, gliserol, sterol).Asam lemak terbagi menjadi: Asam lemak jenuh, Asam lemak tak jenuh, Garam dari asam lemak, Prostaglandin. Pada percobaan yang telah kami lakukan, dapat diketahui bahwa madu, sabun, alkohol walaupun termasuk dalam lipid tapi tidak melarutkan karena mengandung tingkat kejenuhan lemak yang berbeda antara suatu zat dengan zat yang lain.
 Asam lemak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung ikatan tunggal pada rantai hidrokarbonnya. Asam lemak jenuh mempunyai rantai zig-zig yang dapat cocok satu sama lain, sehingga gaya tarik vanderwalls tinggi, sehingga biasanya berwujud padat. Sedangkan asam lemak tak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung satu ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya . asam lemak dengan lebih dari satu ikatan dua tidak lazim,terutama terdapat pada minyak nabati,minyak ini disebut poliunsaturat. Trigliserida tak jenuh ganda (poliunsaturat) cenderung berbentuk minyak.
Perbedaan antara lemak dan minyak antara lain, yaitu:
Pada temoperatur kamar lemak berwujud padat dan minyak berwujud cair
Gliserrida pada hewan berupa lemak (lemak hewani) dan gliserida pada tumbuhan berup
minyak (minyak nabati) Komponen minyak terdiri dari gliserrida yang memiliki banyak
asam lemak tak jenuh sedangkan komponen lemak memiliki asam lemak jenuh.
































KESIMPULAN

1.    Lemak dan minyak adalah salah satu kelompok yang termasuk pada golongan lipid, yaitu senyawa organik yang terdapat di alam serta tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar dietil eter( C2H5OC2H5) dan kloroform ( CHCl3), benzena dan hidrokarbon lainnya.
2.    Kategori lipid di antaranya adalah asam lemak yang merupakan asam alkanoat dengan rumus yang panjang. pada senyawa asam dengan sedikit atom karbon, gugus asam akan mendominasi sifat molekul dan memberikan polar kimiawi walaupun demikian pada asam lemak, rantai alkanalah yang mendominasi sifat molekul.
3.    Sabun merupakan garam logam alkali dari asam lemak, proses pembentukan sabun dalam lemak dan minyak oleh NaOH dan KOH disebut penyabunan.
4.    minyak, alkohol, ,madu dan sabun merupakan lipid/lemak yang apabila dicampurkan ketiga larutan tersebut akan tetap terpisah, itu semua disebabkan karena perbedaan lemak yang terkandung dalam empat komponen tersebut
5.    Lipid merupakan lemak salah satu jenis ester yang bersifat non polar, lipid sederhana hanya tersusun dari unsur C,H dan O, lipid sederhana dikelompokkan menjadi dua yaitu : lemak (fat) dan Lilin (wax).

















KESIMPULAN

Champe P C PhD , Harvey R A PhD. Lippincott’s Illustrated Reviews: Biochemistry 2nd
      1994, page 171 – 186.
Harold Hart, Organic Chemistry, a Short Course, Sixth Edition,
     Michigan State University, Houghton Mifflin Co,1993
Lehninger A, Nelson D , Cox M M ,Principles of Biochemistry 2nd, 1993
Hunt SM, Groff JL, Gropper SAS. (1995). Advanced Nutrition and Human Metabolism
    Belmont, CA: West Pub. Co. hlm. 98. ISBN 0-314-04467-1.
"Fatty acids". Elmhurst College, Charles E. Ophardt.
2010.

Comments

Popular posts from this blog

Mudifah atau kunjungannya anak pondok

Hari kunjungan atau yang mereka sebutkan mudifah merupakan hari yang menyenangkan bagi anak pondok pesantren, karena hari itu berbeda dari hari-hari sebelumnya. Yups, hari yang begitu special seperti lebarannya anak pondok.pada hari kunjungan mereka bisa bertemu dengan sanak family dan semua keluarga besarnya, bayangkan mulai pagi hari mereka udah mulai antri hp dipengasuhan dengan batas waktu yang ditentukan mereka lengkap memesan semua pesanan sama keluarganya, yang paling utama adalah makanan, mulai dari nasi sampai dengan makanan penutup. Yang penulis herankan, terkadang dari segoni pesanannya cuma satu  yang dimakan,padahal semua makanan yang pesan sama aja dengan makanan sehari-hari di pondok juga, ah mungkin itu bawaan dari orangtua jadi berasal paling maknyuus gitu. Mudifah kata yang tak asing bagi penghuni pondok, yang kata mereka pondok adalah penjara suci,,,banyak istilah bagi mereka anak pondok, ada yang namanya penjara suci ?? tidak  lain adalah pesantren. Jadi di hari

KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 ALAFAN

Soal Kimia Kelas X IPA 1.       1. Jelaskan 4 Teori Atom yang kamu ketahui! 2.       2. Hitunglah Proton (P), Elektron (e) dan Neutron (N) dari:       3.       3. Tentukan golongan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron berdasarkan kulit ( K L M N O ) dari: a.        6 C b.       12 Mg c.        18 Ar 4.       4. Tentukan golongan periode dengan menggunakan konfigurasi elektron berdasarkan sub kulit ( s p d f ) dari: a.        26 Fe b.       18 Ar c.        12 Mg d.       17 Cl 5.       5. Tentukan bilangan kuantum dari: a.        26 Fe b.       18 Ar     Soal Kimia Kelas XI IPA 1.       1. Tuliskan tabvel deret homolog alkana! 2.       2. Tuliskan nama dari semyawa hdrokarbon di bawah ini:   3.       3. Tuliskan nama dari senyawa Alkena dibawah ini!   4.       4. Dik Reaksi: CH 4 + O 2 à CO 2 + H 2 O   ΔH=-2P Berapakah ΔH pembakaran dari 1mol CH 4 5.       5. Bila Diketahui kalor pembentukan stándar: CO 2 = -393,5 k

belajar bahasa aceh part 2

Hari ini penulis akan melanjutkan bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa aceh, yang sebelumnya udah dijelaskan satu persatu kata dalam bahasa aceh tapi kali ini penulis akan mengajarkannya dalam bentuk kalimat ya!!!! Jangan pernah mengatakan susah sebelum mencobanya, seperti kata pepatah berakit-rakit dahulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Begitulah kira-kira ya para inspirasi lovers, susah susah dulu belajar bahasa aceh hingga mahir bicara bahasa aceh seperti penulis, apalagi yang calonnya orang aceh setidaknya bisa bertanya dalam bahasa aceh “ soe nan droen” yang artinya “siapa nama kamu”. Ayoo langsung aja kita belajar bahasa aceh nya…….. Nan loen  ( nama saya) Loen awak aceh ( saya orang aceh) Asaai loen ( asal saya) Umu loen ( umur saya) Soe nan droen ( siapa nama kamu ) Padum umu droen( berapa umur kamu ) Lon galak kuah pliek U ( saya suka sayur plik U “ sayur khas aceh”) Padum yum bungoeng nyoe ( berapa harg